Viral Kakek Sarneli: Simpan Uang Rp104 Juta Di Ember dan Plastik

JABAR EKSPRES- Seorang kakek asal Serang, Banten, bernama Sarneli berusia 74 tahun viral, karena selama kurang lebih 10 tahun ia menyimpan uang sebanyak Rp104 juta yang utuh dan Rp10 juta yang tidak utuh karena sobek.

Selama ini, ia menyimpan uang tersebut di dalam ember dan plastik yang diletakkan di tempat tidurnya. Pihak keluarga pun menukarkan uang Kakek Sarneli ke Bank Indonesia di Banten. Namun, hanya Rp77 juta yang bisa ditukar.

Sisanya nggak bisa ditukar, karena merupakan cetakan atau emisi lama yang sudah dicabut dan melebihi batas penukaran. Menanggapi fenomena di Serang, dapat kami sampaikan bahwa uang-uang dimaksud merupakan uang yang telah dicabut sejak tahun 2008 dan hanya dapat ditukarkan sampai dengan 2018.

Sebagaimana diatur dalam PBI No.10/33/PBI/2008 Marlison Hakim Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI. Pihak Perwakilan BI Provinsi Banten, Agus Hartanto mengatakan uang yang masih berlaku nantinya akan ditukar dengan pecahan Rp50.000 dan Rp100.000.

Pemberian uang penukaran akan dilakukan secara bertahap dengan sistem tunai dan transfer. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten juga mengunjungi kediaman Kakek Sameli untuk memastikan dan mengecek kondisi uang tersebut.

Mereka menemukan banyak uang logam dan uang kertas pecahan kecil. Selain itu, ada juga emisi lama seri tahun 1998 dan 1999, yaitu pecahan Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000.

Kakek Sarneli tinggal di bangunan berukuran 2×3 meter dengan 1 pintu, tanpa kamar mandi, hanya tempat tidur dengan kasur tipis dan meja. la mengumpulkan uang tersebut dari bekerja sebagai peternak bebek, meminta-minta dan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah.

Sehari-hari, Kakek Sarneli hanya bisa berbaring karena kakinya sudah sakit selama 2 bulan. Maka dari itu, semua uang yang sudah dikumpulkannya akan digunakan untuk pengobatan kakinya.

Untuk mencegah hal yang serupa terjadi, ada baiknya kita menyimpan uang di bank agar hal seperti yang dialami Kakek Sarneli tidak terjadi lagi. Opsi yang lain adalah menyimpannya dalam bentuk yang lebih tahan lama seperti emas dan logam mulia lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan