DKPP Bandung Klaim Banyaknya Permintaan Jadi Penyebab Naiknya Harga Kepokmas

JABAR EKSPRES – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung menjelaskan, bahwa kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di pasaran pada menjelang Lebaran 1444 Hijriyah kemarin disebabkan banyak permintaan dari konsumen.

Seperti hal nya pada cabai baik merah maupun keriting, Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Konsumsi DKPP kota Bandung, Rima Rosmiati menyebut bisa menyentuh harga di angka Rp 100 ribu per kilogramnya.

“Cabai Rp 100 ribu (per kilogram) itu, pada saat lebaran. Tapi kalau sekarang sudah mulai turun di angka Rp 50.000 sampai Rp 60.000 per kilo nya tapi tergantung pasarnya,” ujarnya saat ditemui usai sidak Kepomas di Pasar Kosambi Bandung, Rabu 3 Mei 2023.

Rima menjelaskan, penyebab naiknya sejumlah harga kepokmas di Kota Bandung diakibatkan banyak permintaan dari para konsumen saat menjelang lebaran kemarin.

“Tapi saat ini sudah cenderung turun, karena lebaran itu semua orang banyak permintaan dan pembelian (bahan pokok),” ucapnya

Meski begitu, Rima mengaku bahwa kondisi kepokmas di Kota Bandung akan terus dipastikan aman dan terkendali.

“Karena Kota Bandung itu kan biasanya selain untuk konsumsi sendiri, 96 persennya itu disebarkan lagi ke kota kabupaten lain. Jadi seperti di Pasar Caringin itu adalah sentra. Maka, dari situ pasti tetap surplus (kepokmas). Jadi insyaallah akan aman tapi, mungkin untuk kondisi harga saja,” pungkasnya

Sebelumnya, Pasca Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah atau tahun 2023, kondisi kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) di Jawa Barat (Jabar) Khusunya Kota Bandung di klaim mengalami penurunan harga.

Direktorat Kriminal Khusus (Diskrimsus) Sekaligus Ketua Satgas Pangan Polda Jabar, Kombes Pol Deni Oktavianto menyebut selain mengalami penurunan harga, ketersediaan juga terbilang stabil.

“Kita dari Satgas Pangan Polri Polda Jabar bersama Polrestabes Bandung, dibantu DKPP Kota Bandung, pengelola pasar, Disdagin Kota Bandung bersama- sama mengecek ketersediaan dan harga dengan distribusi bahan pokok penting. Alhamdulillah harganya masih stabil normal,” ujarnya usai meninjau ketersediaan kepokmas di Pasar Kosambi Bandung, Rabu, 3 Mei 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan