Rutan Kebonwaru Kota Bandung Ternyata Pernah Miliki Sel Tahanan Fasilitas Mewah, Bagaimana Sekarang?

BANDUNG – Baru-baru ini jagad media sosial (medsos) sempat heboh dengan postingan nitizen mengenai fasilitas kamar mewah yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Kebonwaru Kota Bandung.

Dalam postingan yang diunggah oleh akun @partaisosmed mengungkapkan, bahwa di Rutan Kebonwaru ada beberapa kamar sel memiliki fasilitas mewah layaknya kamar kos.

Akun @partai somed memposting foto beberapa napi terlihat sedang memegang smartphone.

Suasana kamar pun terlihat sangat nyaman lengkap dengan fasilitas barang-barang elektronik.

Postingan tersebut mengungkat adanya dugaan persengkongkolan antara para napi yang mendapat fasilitas mewah dengan para sipir.

BACA JUGA: Warga Binaan Lapas Jelekong, Banyak yang Sembunyikan Ponsel

Terlebih sebelumnya @partaisosmed juga pernah mengungkap, mengenai prilaku sipir di Provinsi Lampung bernama Dhawank Delfi yang diketahui bergaya hidup mewah.

Atas postingan tersebut mengundang reaksi keras dari kalangan nitizen dengan dihujani kritik pedas.

Menanggapi hal ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Kusnali mengaku telah turun langsung dengan melakukan sidak ke Rutan Kebonwaru itu.

Menurutnya, setelah ramainya postingan terkait kamar narapidana dengan fasilitas mewah, pihak lapas sudah melakukan penelusuran.

Beradasarkan hasil pemeriksaan diketahui bahwa, kamar narapidana dengan fasilitas mewan di Rutan Kebonwaru memang pernah ada pada 2021 silam. Tepatnya 15 Juli 2021.

BACA JUGA: Jalan Otista Kota Bogor Ditutup, Hindari Titik Macet Berikut Ini!

Meski begitu, saat ini Kusnali memastikan kamar napi dengan fasilitas mewah di Rutan Kebonwaru Kota Bandung itu, saat ini sudah tidak ada dan ditertibkan petugas.

“Jadi saat kejadian itu juga sudah ditertibkan. Sekarang baru booming. Kondisi kini juga sudah bersih,” Kusnali ketika ditemui Jabareskpres, Selasa, (2/5)

Kusnali mengakui, foto yang diposting oleh @partaisosmed di Twiter itu, memiliki kesesuaian lokasi dengan ruangan di Blok B Kamar 20 Rutan Kebon Waru.

Bahkan, dari foto-foto narapidana yang diposting itu sudah keluar dari tahanan.

‘’Kamar itu adalah merupakan blok napi narkotika,’’ ucap dia.

BACA JUGA: Dua Pelaku Human Trafficking Diringkus Polisi Diduga Korban Dijual Lelaki Hidung Belang

Pihaknya juga sudah melakukan konfirmasi pihak kalapas terkait ini agar seluruh fasilitas sel tahanan sama dan tidak ada yang dibedakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan