10 Fakta Orang Sunda dengan Karakter hingga Sterotip Sifat Masyarakatnya

JABAR EKSPRES – Orang Sunda merupakan etnis mayoritas di Jawa Barat, dikenal karena populasi yang besar sehingga keberadaan karakteristik dan ciri khas suku ini masih terjaga. Berbagai anggapan mengundang banyak sterotip yang menyertai masyarakat membuat kita ingin mengetahui apa saya fakta dan karakter orang Sunda yang sebenarnya.

Di Jawa Barat, Suku Sunda merupakan kelompok etnis dengan jumlah populasi terbesar kedua di Indonesia.

Menurut data dari BPS tahun 2010, populasi Suku Sunda mencapai 36.701.670 jiwa atau setara dengan 15,5 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Kebiasaan dan sifat yang dimiliki oleh nenek moyang Suku Sunda turut diwariskan kepada keturunan mereka, dan banyak di antara orang Sunda yang memiliki ciri khas tersebut.

Hal ini menjadikan keunikan tersendiri bagi orang Sunda dan membedakannya dari suku-suku lainnya.

Populasi yang besar dari Suku Sunda juga menjadikan kebudayaannya cukup terkenal di Indonesia, terlebih lagi orang Sunda memiliki rasa bangga terhadap budaya daerahnya.

BACA JUGA: Wisata Mini Mania Lembang, Keliling Dunia dengan Harga Tiket Murah dan Fasilitas Wah

10 Fakta Orang Sunda dengan Karakter hingga Kebiasaannya

Berikut adalah fakta dan kebiasaan orang Sunda yang membuat masyarakat non-Sunda membuat sterotip tertentu.

  1. Kreatif

Fakta pertama dari karakter orang sunda adalah senang melahirkan banyak karya seni. Band-band terkenal seperti Gigi, Noah, The Changcuters, dan Project Pop yang populer di Indonesia.

Produk fashion dari daerah ini juga berkualitas dan dikenal hingga ke mancanegara, serta seni budaya yang ditampilkan memiliki ciri khas yang unik. Di samping itu, kuliner khas dari Bandung juga sangat unik dan autentik.

Semua ini berasal dari pemikiran dan ide-ide kreatif serta inovatif yang dimiliki oleh orang Sunda. Mereka cenderung memandang sesuatu yang biasa dengan cara yang berbeda sehingga mampu menghasilkan hal-hal yang luar biasa.

  1. Karakter Orang Sunda Ramah dan sopan?

Orang Sunda terkenal dengan sifatnya yang ramah dan sopan terhadap siapa pun. Karena karakteristik ini, orang Sunda cenderung mudah bergaul dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Istilah “Someah” dalam bahasa Sunda digunakan untuk menggambarkan sifat ramah dan sopan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan