Tips Sehat! Pasca Ramadhan dan Lebaran

JABAR EKSPRES – Setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dan hari raya Lebaran, disini aku bakal kasih Tips sehat buat kamu agar tetap normal dan lancar menjalani berbagai aktifitas.

Baca juga: Post Holiday Blues! Malas Bekerja Usai Libur Panjang? Ini Tipsnya

Melansir dari indonesiabaik.id Metabolisme tubuh perlu transisi untuk kembali ke kebiasaan makan normal usai sebulan berpuasa di bulan Ramadhan. Karenanya, kita sebaiknya tetap mempraktikkan kebiasaan khususnya pada pola makan sehat seperti saat Ramadhan pada bulan – bulan berikutnya.

Tips sehat ini bisa kamu lakukan untuk membantu kelancaran anak-anak dan keluarga kamu di rumah agar tetap menjadi sehat pasca bulan Ramadhan dan hari raya Lebaran.

Berikut Tips Sehat Pasca Ramadhan dan Lebaran:

  1. Membatasi makan-makanan yang manis, terlalu banyak makan-makanan yang manis atau asupan gula dapat membahayakan bagi tubuh kita dan terkena dampak risiko penyakit obesitas, diabetes, jantung, kerusakan gigi dan bahkan masalah jerawat di wajah kita. Maka dari itu batasi asupan gula dan tidak berlebihan makan-makanan yang manis.
  2. Kurangi makanan bertepung, gorengan, dan berlemak. Mengkonsumsi makanan yang berlemak ada baik dan buruknya juga. Sebenarnya kita juga perlu makanan yang berlemak untuk menjaga kesehatan tubuh kita dalam penyerapan vitamin yang larut dalam lemak. Namun jika kita terlalu sering mengkonsumsi makanan yang bertepung, gorengan, dan juga lemak akan buruk untuk kesehatan kita dan menjadi salah satu penyebab dari kegemukan.
  3. Kurangi mengkonsumsi kafein dan minuman yang berkarbonasi. Jika mengkonsumsi kafein dengan dosis yang tepat kafein dipercaya dapat menurunkan berat badan. Namun jika terlalu sering mengkonsumsinya akan membahayakan bagi tubuh kita dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti kesehatan mental, insomnia, masalah pencernaan, kerusakan otot, darah tinggi, dan ketergantungan.
  4. Lanjutkan kebiasaaan tidak merokok seperti saat berpuasa, buat kamu yang bisa menahan untuk tidak merokok pada bulan puasa Ramadhan coba di lanjutkan kembali untuk tidak terlalu sering merokok, karena sama halnya merokok memang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.
  5. Konsumsi makanan yang mengandung prebiotik, Prebiotik adalah serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh tetapi dapat membantu probiotik alias bakteri baik yang hidup di usus. Contoh makanan prebiotik yaitu bawang bombai, bawang merah, daun bawang, oat, gandum utuh, pisang, apel, kubis, buncis, kacang merah, semangka, almond dan makanan lainnya.
  6. Banyak minum air putih, air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya, mampu mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan sendi dan otot, menurunkan berat badan, memelihara kesehatan kulit, dan manfaat lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan