Pasca Lebaran, Disdukcapil Prediksi akan Ada Pendatang Baru di Kabupaten Bogor

JABAR EKSPRES – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor memprediksi akan ada pendatang baru ke Bumi Tegar Beriman pasca lebaran.

Hal itu disampaikan oleh kepala Disdukcapil Kabupaten Bogor Bambang Setiawan, ia menuturkan bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada pendatang baru datang ke Kabupaten Bogor dan menetap.

Baca Juga: WNA Diduga Ludahi Imam Masjid Berhasil Ditangkap! Wagub Jabar Apresiasi Polisi

“Untuk pendatang baru pasti ada yah setiap habis lebaran, namun kami masih mencatat berapa banyak warga pendatang ke kabupaten Bogor,”kata Bambang Setiawan kepada media, Sabtu 29 April 2023.

Diketahui, berdasarkan data Disdukcapil Kabupaten Bogor pada semester 2 tahun 2022 ada sebanyak 5.473.476 Jiwa penduduk Kabupaten Bogor yang terbagi Pria 2.801.048 dan Perempuan 2.672.428.

Tak menutup kemungkinan data tersebut akan bertambah jika adanya pendatang baru ke Kabupaten Bogor.
Kendati demikian, ia meminta kepada masyarakat pendatang untuk melapor dan melengkapi dokumen-dokumen pribadi.

“jika ingin menetap mereka harus menujukan surat pindah atau yang wajib yaitu lapor dulu ke RT atau RW dimana sekarang tinggal,”tambahnya.

Lebih lanjut, kata Bambang, para pendatang baru ini dibawa sanak saudara saat pulang kampung. Mayoritas dari mereka memang tinggal di perkotaan.

“Mayoritas biasanya di wilayah perkotaan yang akan menjadi sasaran pendatang baru,”katanya.
Sementara ditempat berbeda Camat Sukaraja, Ria Markisa mengatakan, setiap pendatang baru wajib melapor ke RT atau RW setempat dimana mereka tinggal.

Selanjutnya, kata, dilanjutkan pengurusan surat pindah kalau pendatang baru ini memang mau menetap di wilayahnya.

“Wajib lapor, biar desa dan kecamatan nantinya memiliki data,” pungkasnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan