Cara Merasakan Gerakan Janin Usia 3 Bulan

Rangsangan agar janin bergerak ini sangat diperlukan, untuk mengetahui kondisi janin sehat atau tidak, Ada kalanya janin sama sekali tidak merespon stimulus tersebut, hal ini perlu diwaspadai karena bisa jadi ada kemungkinan janin mengalami hipoksia, atau kegagalan dalam bernapas atau kekurangan oksigen.

Untuk dapat mengetahui kondisi janin didalam perut sebaiknya juga melakukan penghitungan dan pemetaan gerakan janin ketika bisa merasakannya. Tujuannya agar bisa memantau apakah janin berkembang secara normal atau tidak.

Janin yang sehat akan mulai aktif bergerak dari usia kehamilan 13 minggu – 16 minggu. Namun jangan khawatir bila diusia tersebut janin masih belum terlihat pergerakannya, karena bisa jadi gerakannya sangat lemah terdeteksi, bisa juga hanya berupa getaran lembut dari dalam perut.

Pergerakan janin juga akan sedikit sulit untuk dirasakan karena gerakan dalam perut bisa terjadi bukan hanya karena janin yang aktif, namun bisa juga karena gas dalam perut atau kondisi sang ibu yang sedang lapar.

Jadi untuk bisa merasakan gerakan janin dalam perut di usia 3 bulan, sebaiknya sang ibu rajin-rajin untuk menstimulusnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan