Waduh, YouTube Hapus Album Lancung Travis Scott, Kenapa?

JABAR EKSPRES- Pihak YouTube dan Soundcloud telah menghapus sebuah video album milik Travis Scott yang dibuat menggunakan kecerdasan buatan generatif atau artificial intelligence (AI).

Album palsu berisikan 16 lagu dengan nama “UTOP-AI” itu dibuat oleh server Discord AI Hub yang memiliki lebih dari 36.000 anggota pembuat musik dengan memanfaatkan teknologi AI.

Moderator AI Hub, Qo, mengatakan bahwa proyek ini awalnya hanya lelucon di antara dirinya dan beberapa pengelola server bernama Rec.

Namun, setelah butuh waktu sepekan untuk menyelesaikan album dengan visual pendukung, album “UTOP-AI” akhirnya dirilis. Album ini tidak hanya menampilkan karakter suara Travis Scott, tetapi juga menghadirkan sejumlah nama beken lain seperti Drake, Baby Keem, dan Playboi Carti.

Album “UTOP-AI” sempat beredar di YouTube dan SoundCloud selama sepekan terakhir. Namun, Pihak Warner Music Group telah mencermati terjadinya pelanggaran hak cipta. Album tersebut baru bisa dihapus beberapa jam setelah diunggah, usai sebanyak 17.000 kali diputar di YouTube dan sekitar 150.000 kali diputar di SoundCloud.

Server Discord AI Hub selain memiliki puluhan ribu anggota, juga memiliki sejumlah saluran dengan perangkat pendukung untuk menerapkan berbagai model suara berdasarkan karakter musisi yang ada seperti penyanyi rap Don Toliver dan Frank Ocean, atau penyanyi soul R&B Alicia Keys.

Karya musik yang dihasilkan oleh teknologi AI telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan beberapa pihak terkait pelanggaran hak cipta dan royalti.

Beberapa label musik telah mengeluarkan peringatan dan bahkan menuntut untuk mengatasi masalah ini, terutama di era digital yang memungkinkan mudahnya penyebaran dan pembajakan karya musik.

Ini mengarah pada pemantauan yang ketat oleh layanan streaming seperti Spotify, yang ditekan oleh label arus utama untuk memastikan bahwa konten yang diunggah ke platform mereka tidak melanggar hak cipta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan