Cara Meredakan Panas Dalam Menggunakan Obat Alami

1. Air Putih

Air putih atau air mineral adalah cara termudah dan termurah untuk mengatasi panas dalam. Kurangnya cairan pada tubuh dapat menyebabkan dehidrasi sehingga membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai infeksi virus dan bakteri.

Karea itu, Anda harus mengganti cairan yang hilang dengan minum air yang cukup. Air putih merupakan salah satu obat alami yang dapat membantu menghidrasi lapisan tenggorokan, sehingga dapat menghilangkan panas dalam.

2. Kumur air garam

Berkumur dengan garam dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan sariawan. Caranya siapkan segelas air hangat dan campurkan satu sendok teh garam di dalamnya.

Untuk mengobati sakit tenggorokan, berkumurlah sambal mendongkakan kepala ke atas. Sedangkan untuk menghilangkan panas dalam (sariawan) Anda bisa berkumur langsung pada area yang terasa nyeri.

Anda bisa berkumur selama 20-30 detik lalu keluarkan airnya, jangan ditelan. Ulangi berkumur dengan air garam setiap beberapa jam untuk hasil yang efektif.

BACA JUGA: Flu Burung Serang Unggas di Cicalengka, Segini Jumlahnya

3. Air Jahe

Air jahe juga efektif meredakan gejala sakit panas dalam. Senyawa antibakteri dalam jahe dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

4. Air Kelapa

Air kelapa dapat meredakan gejala panas dalam atau sakit tenggorokan. Air kelapa mengandung elektrolit yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mendinginkan sistem pencernaan dalam tubuh.

5. Lemon

Air yang dicampur dengan lemon juga merupakan obat alami panas dalam yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Caranya cukup campurkan air perasan lemon dengan air hangat dan tambahkan madu jika diperlukan untuk hasil yang maksimal.

Lemon dapat meredakan gejala panas dalam karena buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan tersebut meningkatkan produksi air liur sehingga membran mukosa tetap lembab.

BACA JUGA: Kemenkes Minta Agar Protokol Kesehatan Covid-19 Diaktifkan Lagi

Nah, itulah pembahasan mengenai berbagai pengobatan alami untuk meredakan panas dalam. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang menghadapi masalah tersebut.

Jika cara mengobati panas dalam menggunakan obat alami seperti yang dijelaskan di atas tidak mempan dan sakit masih berlanjut, segera hubungi dokter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan