Olahraga Ini Dapat Kembalikan Berat Badan Ideal Kamu Lho, Kuy Cobain!

JABAR EKSPRES – Setalah berpuasa selama sebulan, kini saatnya untuk merayakan lebaran. Dengan banyaknya hidangan yang disajikan selama lebaran membuat selera untuk menyatap semuanya bangkit hingga tidak sadar berat badan ideal yang telah diimpikan kembali sirna.

Ketika berat badan seseorang melewati batas idealnya, maka berbagai penyakit bakal datang seperti obesitas. Penyakit ini tentunya bakal dihubung-hubungkan dengan penyakit kanker, stroke, diabetes, dan penyakit lainnya.

Cara untuk mencegah penyakit tersebut dan membuat berat badan tetap dalam posisi ideal adalah dengan berolahraga. Selain itu, mengubah cara pola makan pun bakal membantu untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Melansir dari situs web MD, ada beberapa olahraga ringan dan mudah dilakukan di rumah untuk menjaga berat badan ideal yang telah dicapai tidak pergi. Berikut berbagai macam olahraganya.

BACA JUGA: Taman Gasibu Bandung Kebanjiran Pengunjung Di H+3 Lebaran

  1. Bersepeda

Bersepeda selama satu jam dapat membakar kalori sekitar 400 hingga 750 kalori. Hal ini bergantung pada berat badan yang dimiliki, dan seberapa cepat sepeda tersebut dikendarai.

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan sesuatu yang selalu dilakukan setiap hari. Tanpa disadari, berjalan kaki dapat membakar sekitar 150 kalori jika melakukannya dengan berjalan cepat selama 30 menit. Semakin cepat gerakan, maka semakin banyak kalori yang terbakar.

  1. Jogging

Jogging merupakan salah satu cabang olahraga aerobik yang memiliki dampak positif yang begitu besar pada tubuh. Dengan jogging, berat badan akan turun dan dapat meningkatkan metabolisme  tubuh hingga 24 jam.

  1. Lompat Tali

Lompat tali merupakan olahraga ringan lainnya yang memiliki dampak positif yang begitu besar pada tubuh. Hanya membutuhkan tali dan melompat di antara tali tersebut dapat membakar kalori lebih cepat dan lebih banyak. Jika dibandingkan dengan berlari di atas treadmild, maka lompat tali lebih memiliki dampak yang besar.

BACA JUGA: Pulau Nusa Manona, Duplikat Wisata Danau Toba Di Bandung Selatan

  1. Naik Turun Tangga

Latihan ini sederhana dan mungkin sebagian besar orang melakukannya dalam kegiatan sehari-hari. Dengan menaiki dua anak tangga setiap hari, maka dapat menurunkan berat badan hingga 2,72 kilogram dalam setahun. Naik turun tangga dapat menambah jumlah koleterol baik pada tubuh dan membantu menjaga kesehatan sendi, otot, dan tulang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan