1.156 Kamar Hotel dan Resort di Labuan Bajo Dibooking untuk Acara KTT ASEAN

JABAR ESKPRES- Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyatakan bahwa sebanyak 1.156 kamar dari 22 hotel dan resort di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah disiapkan untuk delegasi dan panitia nasional KTT ASEAN.

Acara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 Mei 2023. Menurut Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, saat ini hotel dan homestay di Labuan Bajo sudah penuh dan para delegasi serta panitia nasional akan ditempatkan di hotel bintang empat dan lima.

BPOLBF mencatat bahwa ribuan kamar yang disiapkan itu terbagi dalam lima hotel dan resort bintang lima, lima hotel dan resort bintang empat, lima hotel dan resort bintang tiga, serta enam hotel dan resort bintang dua.

Dengan meningkatnya okupansi hotel saat ini, BPOLBF berharap dapat memberikan dampak ekonomi bagi industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Shana mengatakan bahwa penyelenggaraan event berskala besar seperti ASEAN Summit pasti akan mendatangkan banyak wisatawan, khususnya wisatawan yang terjadwal karena sebagian besar merupakan delegasi dan panitia dari kegiatan tersebut.

Dalam hal ini, BPOLBF berupaya untuk memberikan multiplier effect tidak hanya kepada pemilik hotel, namun juga bagi perekonomian para petani melalui rantai pasok makanan karena akan meningkatkan permintaan bahan makanan.

General Manager Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Reynes Sahadoen, mengatakan bahwa delegasi dari Filipina telah direncanakan menginap di hotel bintang empat tersebut selama penyelenggaraan ASEAN Summit.

Pemesanan kamar untuk delegasi asing ini dimulai sejak tanggal 5 Mei hingga 12 Mei 2023. Untuk menyukseskan kegiatan internasional ini dari sisi akomodasi, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan baik dari segi kebersihan, keamanan, dan kenyamanan bagi para tamu delegasi yang menginap di sana.

Selain itu, manajemen Hotel Jayakarta Labuan Bajo juga akan menambah tenaga casual atau pegawai yang bekerja pada saat dibutuhkan dalam rentang waktu 5-12 Mei 2023.

Para tenaga kerja ini merupakan anak-anak muda yang telah menjalani magang industri di hotel tersebut dan turut membantu mengatur 71 kamar bagi para tamu delegasi asing dengan sebaik mungkin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan