Tips Menghindari Gangguan Kesehatan saat Menyantap Menu Lebaran

JABAR EKSPRES – Setelah satu bulan berpuasa, kini saatnya Umat Islam merayakan Idul Fitri. Aneka menu lebaran tentu menjadi daya tarik tersendiri, yang kadang tidak kita sadari bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Berbagai menu lebaran seperti opor, rendang, gulai, kare, atau aneka kue kering memiliki kandungan lemak, gula dan kolesterol yang tinggi.

Kita harus berhati-hati bila ingin mengonsumsinya, tidak berlebihan dan tidak sembarangan. Agar tidak sampai menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti hypertensi, kolesterol tinggi, diabetes bahkan diare.

Diare menjadi penyakit paling banyak diderita paska lebaran, hal ini karena pencernaan belum siap beradaptasi dengan pola makan baru setelah terbiasa dengan pola makan selama puasa.

Belum lagi hawa nafsu saat lebaran seakan diumbar menjadi balas dendam setelah sebulan banyak ditahan.

Akibatnya segala macam makanan dicoba dengan porsi besar tanpa takaran, sehingga pencernaan menjadi kaget.

Untuk menghindari hal-hal tersebut simak tips sehat dari laman resmi kemenkes agar terhindar dari gangguan kesehatan saat menyantap menu lebaran.

1. Perhatikan Porsi Makanan

Poin penting dalam menikmati menu lebaran adalah dengan memperhatikan dan mengatur porsi makan. Konsumsi makanan secara berlebihan dan abai pada porsi makanan, akan berdampak tidak baik pada kesehatan tubuh.

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup akan dapat mengimbangi kolesterol dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Namun bukan alasan untuk tetap makan secara berlebihan.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Hindari minuman softdrink atau minuman alkohol, karena hal tersebut akan lebih meningkatkan kadar gula dalam tubuh, sehingga kemungkinan untuk terkena diabetes akan meningkat. Perbanyak minum air putih sebagai pengganti minuman manis. jadi jangan lupa selalu masukkan air putih dalam menu lebaranmu

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan