Satu Hari Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam dan Sapi Meroket di Cimahi

JABAR EKSPRES – Jelang hari raya Idul Fitri harga daging mengalami kenaikan yang cukup signifikan di pasar tradisional Kota Cimahi Jawa Barat, kenaikan ini dipicu karena tingginya permintaan dari konsumen.

Satu hari jelang Lebaran ini terpantau untuk harga daging ayam mencapai Rp38 ribu per kilogramnya. Sementara sebelumnya diketahui harga normalnya kisaran Rp32 ribu per kilogramnya.

Baca Juga: Bupati Bandung Barat Larang Warga Takbir Keliling, ini Alasannya

Selain harga daging ayam, kenaikan juga terjadi pada daging sapi yang awalnya Rp130 ribu kini menjadi Rp145 ribu perkilogram.

Para pedagang pun mengaku omset jelang Hari Raya ini meningkat drastis hingga 80 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

“Harga 145 dari normal biasanya 140 dan tentunya ada kenaikan dan udah biasa seh kalo mau lebar,” ungkap Dani seorang pedagang daging sapi di Pasar Atas Baru Cimahi, Jumat 21 April 2023 siang.

Sedangkan untuk ketersediaan stok kata Dani di pasar Atas Baru Kota Cimahi masih aman.

“Stok masih ada sih, dan peningkatan penjual dibanding tahun lalu ada lah 80 persen, jadi menigkat,” ujar Dani.

Sementara untuk harga daging ayam menurut Aep, ikut mengalami kenaikan yang diduga banyaknya pembelian jelang lebaran ini.

“37, 38 dan kalo normal itu kemarin sempat 34,35 dijual per kilogramnya dan kini ada kenaikan 2 hingga 3 ribu,” ucap Aep.

Aep pun mengatakan jika kenaikan harga ini dipastikan kerap terjadi setiap tahunnya khususnya jelang lebaran ini.

“Ya mau mendekati idul fitri aja we sekarang mah dan lumayan penjualan ada peningkatan 50 persen,” kata Aep.

Kenaikan sejumlah harga bahan pokok terutama daging jelang lebaran ini pun diprediksi akan terus terjadi hingga beberapa hari kedepan setelah lebaran esok.(mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan