Selamat Hari Kartini! Ini Dia Fakta di Balik Lagu Ibu Kita Kartini

JABAR EKSPRES — Siapa yang tidak tahu bahwa setiap tanggal 21 April, negara kita menetapkannya sebagai peringatan Hari Kartini.

Hari Kartini, atau tanggal 21 April ini merupakan hari kelahiran seorang tokoh penting di Indonesia, yaitu RA Kartini.

Pemerintah Indonesia menetapkan hari ini sebagai Hari Kartini untuk mengenang perjuangan dan jasa RA Kartini untuk bangsa kita.

Di Indonesia sendiri, biasanya peringatan Hari Kartini diisi dengan beberapa kegiatan yang berhubungan erat dengan kemajuan para perempuan di Indonesia.

Seperti yang telah kita pelajari dalam buku-buku sejarah, banyak sekali perjuangan RA Kartini di masa lampau, khususnya bagi kaum perempuan.

Dalam hidupnya, ia berusaha untuk memperjuangkan kesetaraan perempuan dan Pendidikan bagi masyarakat di Indonesia.

Berkat jasa beliau, kini perempuan di Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi dan bebas menentukan pilihan hidupnya sendiri.

Beliau terkenal dengan kecerdasannya, hingga bisa melahirkan buku yang berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang: Buah Pikiran’.

Dari buku tersebut, sang komposer, Wage Rudolf Supratman menciptakan lagu ‘Ibu Kita Kartini’. Menariknya, ia menciptakan lagu tersebut saat sedang menyelenggarakan Kongres Wanita Indonesia, pada 22 Desember 1929.

Dalam kongres tersebut, nama RA Kartini menjadi sorotan karena banyaknya jasa dan perjuangan yang ia lakukan untuk Indonesia.

Sejarah Lagu Ibu Kita Kartini

Pada mulanya, WR Supratman mengaku bahwa ia merasa penasaran dengan buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ itu.

Kemudian, setelah membacanya, ia mulai berpikir untuk menciptakan sebuah lagu yang kita kenal sekarang dengan judul ‘Ibu Kita Kartini’.

Dengan adanya lagu tersebut, WR Supratman berharap agar lagu tersebut bisa menjadi motivasi bagi para wanita Indonesia untuk berjuang.

WR Supratman juga mengatakan, ia ingin wanita Indonesia lebih mengenal dan menghargai jasa-jasa dari RA Kartini.

Lirik Lagu ‘Ibu Kita Kartini’

Ibu kita kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita kartini
Putri jauh hari
Putri yang berjasa

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan