Kendaraan Pemudik Mulai Memasuki Jalur Puncak

JABAR EKSPRES –Kamis 20 April 2023, pemudik yang diperkirakan akan menuju Cianjur, Bandung dan sekitarnya tampak sudah mulai memasuki kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto mengatakan, hingga H-1 lebaran ini, jalur kawasan wisata Puncak Bogor mengalami peningkatan arus kendaraan.

”Hari ini kendaraan yang masuk didominasi oleh kendaraan para pemudik, identifikasi ini dilihat dari banyaknya kendaraan yang membawa tambahan muatan barang bawaan,” kata Iptu Ardian kepada media, Kamis (20/4).

Menurutnya, sejauh ini kendaraan yang melintas belum terjadi peningkatan. Namun demikian, terpantau jika kendaraan yang melintas adalah kendaraan pemudik.

”Banyak kendaraan yang melintas jalur puncak untuk melaksanakan mudik lebaran,” ujarnya.

Dia mengatakan, pihak kepolisian yang bekerja sama dengan Jasa Marga pun turut memantau beberapa exit tol yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

”Pantauan kami itu memang ruas Jagorawi sendiri tidak seperti di ruas Cikampek yang memang terpantau padat, kalo ruas Jagorawi terpantau normal seperti layaknya saat weekend,” terangnya.

Masih kata Adrian, rekayasa lalu lintas di ganjil-genap (gage) akan diberlakukan situasional. Namun jika ada sedikit kepadatan pihaknya bakal melakukan rekayasa prioritas arus.

”Maksudnya prioritas arus, kami memprioritaskan lajur yang lebih dominan,” bebernya.

Untuk arus lalu lintas di Kawasan Puncak sendiri terdapat sebanyak tiga titik kepadatan, salah satunya di pertigaan pasir Muncang.

Sebab, di jalur tersebut, sedang diadakan bottleneck atau penyempitan jalur dan simpang Megamendung yang diakibatkan oleh aktivitas masyarakat.

”Yang terpadat adalah di Cisarua, karena pusatnya perekonomian dan juga menjelang hari raya lebaran, aktivitas masyarakat sudah mulai meningkat,” pungkasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan