Bolehkah Tidak Berpuasa Jumat Tapi Ikut Lebaran Sabtu 22 April 2023?

JABAR EKSPRES – Beberapa masyarakat ada yang mempertanyakan soal bolehkah tidak ikut berpuasa di Hari Jumat besok 21 April 2023, sementara ikut lebaran di Hari Sabtu 23 April 2023?

Berikut penjelasan yang dapat Anda ketahui di bawah ini.

Perihal informasi yang sudah disampaikan oleh Kementerian Agama RI bahwa hasil siding isbat menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Hari Sabtu, 22 April 2023.

“Saya menyampaikan pemerintah sudah memutuskan bahwa 1 Syawal jatuh pada 22 April 2023,” ujar Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama RI saat konferensi Pers siding isbat, (20/4/2023).

Menteri Agama RI juga mengimbau untuk tetap menghormati di antara perbedaan yang ada.

Saling menghormati bagi saudara umat muslim yang sudah lebih dahulu memutuskan Idul Fitri.

Menag juga mengatakan untuk tidak mempertonjolkan perbedaan, tapi sama-sama mencari persamaan agar tercipta keamanan, ketertiban dan kenyamanan berbangsa dan bernegara khususnya dalam menjalankan perintah agama.

Apakah boleh tidak berpuasa Jumat dan Lebaran Sabtu 20 April 2023?

Mengutip dari penjelasan Syekh Muhammad Jaber, jawabannya adalah tidak boleh.

“Bagi yang ikut keputusan pemerintah, besok hari Jumat tanggal 21 April adalah 30 Ramadhan yakni wajib puasa, dosa kalau tidak puasa, hati-hati tidak boleh ada yang bilang (saya mau ikut Muhamadiyah besok lebaran tapi mau lebaran sama pemerintah hari sabtu) tidak boleh dicampur”, jelas Syekh Muhammad Jaber dikutip Jabarekspres.com Instagramnya @syekh_muhammad_jaber, (20/4/2023).

Selain itu, dalam keterangannya Syekh Muhammad Jaber juga menjelaskan bahwa masyarakat wajib ikut keyakinan masing-masing.

Mengikuti hisab Muhamadiyah boleh untuk besok lebaran, ikut isbat bersama pemerintah besok masih wajib berpuasa dan lebaran pada Hari Sabtu.

BACA JUGA: Shalat Gerhana Matahari Sendiri di Rumah? Bisa, Ini Niat dan Caranya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan