6 Tips Aman Sebelum Mudik Lebaran Meninggalkan Rumah

JABAR EKSPRES – Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Muslim salah satunya Indonesia untuk menjaga sillaturahmi bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Baca juga: Persiapan Lebaran!! Resep Kue Semprit Keju

Hari raya Idul Fitri atau lebaran sudah tinggal beberapa hari lagi dan biasanya kamu sudah mulai untuk persiapan pergi ke kampung halaman atau mudik lebaran untuk bertemu dengan keluarga dan kerabat.

Tips mudik lebaran ini selalu dilakukan oleh masyarakat muslim yang tinggal jauh atau merantau dari keluarga untuk kebutuhan pendidikan, pekerjaan atau lainnya. Pada saat libur lebaran yang terjadi setiap satu tahun sekali ini, para rantauan sudah saatnya untuk pulang ke kampung halaman untuk bertemu dan bersillaturahmi bersama keluarga.

Sebelum melakukan mudik lebaran, kita selalu khawatir dengan keadaan rumah atau kostan yang akan di tinggal dalam waktu yang ditentukan. Biasanya kita selalu cemas akan terjadi sesuatu saat kita meninggalkan rumah kosong saat mudik lebaran.

Banyak sekali ke khawatiran yang kita rasakan seperti takut kehilangan barang berharga, kebakaran, atau peristiwa lainnya. Maka dari itu kita juga perlu untuk mencemaskannya juga agar kita selalu waspada dan berhati – hati sebelum meninggalkan rumah atau kostan sebelum mudik lebaran.

Disini aku bakal kasih 6 tips aman sebelum meninggalkan rumah agar kamu bisa mudik lebaran dengan  tenang bersillaturahmi bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Berikut 6 Tips Aman Sebelum Mudik Lebaran Meninggalkan Rumah:

  1. Pintu dan jendela rumah terkunci aman

Sebelum meninggalkan rumah atau kostan pastikan pintu dan jendela rumah kamu sudah terkunci dengan baik dan tidak bisa di buka oleh siapa pun. Lakukan pengecekan ulang agar pintu dan jendela rumah kamu sudah aman, hal ini harus kita waspadai akan terjadinya kemalingan saat kita meninggalkan rumah.

  1. Matikan dan cabut barang-barang elektronik yang tidak di pakai

Agar kita menghemat listrik tentunya sebelum meninggalkan rumah kita harus matikan beberapa listrik yang tidak terpakai dan mencabut beberapa barang-barang elektronik yang tidak digunakan. Kulkas didalam rumah bisa menjadi pengecualian, karena jika kita menaruh beberapa bahan makanan di dalam kulkas dalam keadaan listrik mati maka makanan kita di kulkas akan cepat basi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan