Terancam Batal Mudik Akibat Kehabisan Tiket Kereta Api? Fitur Connecting Trains Bisa Jadi Solusi Jelang Lebaran 2023

JABAR EKSPRES – Pemudik dapat mencoba fitur connecting trains apabila kehabisan tiket kereta api menjelang mudik Lebaran 2023.

Seperti dikeathui bahwa fitur connecting trains disediakan oleh PT Kereta Api atau KAI untuk melayani pemudik dalam mendapatkan tiket kereta api mudik Lebaran 2023 jika kehabisan ketika membelinya secara konvensional.

Terkait fitur connecting trains agar pemudik memperoleh tiket kereta api menjelang mudik Lebaran 2023 tersebut telah dijelaskan oleh Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa.

BACA JUGA: Diskon 20 Persen! PT KAI Daop 1 Sediakan 2.550 Tiket Kereta Api Jelang Mudik Lebaran 2023

“Kalau baru yang akan memesan (tiket untuk keberangkatan pra-Lebaran), kalau mengecek ketersediaannya (tiket) tidak ada di aplikasi KAI Access, ini juga bisa mencoba fitur lain ‘connecting trains’,” kata Eva Chairunnisa, dikutip JabarEkspres.com dari Antara pada Selasa, 18 April 2023.

Menurut keterangan Eva Chairunnisa, fitur connecting trains sebetulnya sudah tersedia di aplikasi KAI Access sejak beberapa tahun terakhir.

Namun tak sedikit yang mengetahui fitur tersebut bahkan saat ini menjelang arus mudik Lebaran 2023.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran 2023, PT KAI: Tiket Kereta Api Sudah Terjual 37 Persen

Sebagai informasi, fitur connecting trains bermanfaat untuk calon pengguna jasa yang mencari rute alternatif menuju stasiun tujuan akhir dengan transit terlebih dahulu di stasiun tertentu.

Seperti namanya, connecting trains artinya menyambungkan perjalanan KA tertentu ke tujuan akhir.

“Sebagai contoh, saya mencari tujuan Yogyakarta namun untuk KA yang langsung dari Pasar Senen ke Yogyakarta itu sudah habis.

Nanti akan diberikan alternatif di sana, misalnya dari Pasar Senen menuju suatu stasiun tertentu, kemudian dari stasiun tersebut akan disambungkan dengan KA lainnya menuju stasiun Yogyakarta,” lanjut Eva.

Sementara itu, untuk mengakses fitur connecting trains, pengguna cukup mencari tiket yang tersedia seperti menggunakan aplikasi KAI Accsess.

Apabila tanggal keberangkatan yang dipilih sudah penuh, maka tombol navigasi connecting trains akan muncul secara otomatis dan pengguna cukup klik tombol tersebut.

Jika kereta sambungan menuju tujuan akhir memang masih tersedia, maka informasi ketersediaan tiket akan muncul lengkap dengan tarif, durasi perjalanan, serta stasiun transit.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan