Mengenal Crypto Dan Bagaimana Cara Kerjanya

JABAR EKSPRES – Seiring berjalannya waktu, alat tukar tidak selalu berbentuk fisik, seperti koin atau uang kertas. Ada juga jenis pertukaran baru yang disebut cryptocurrency. Bahkan Crypto sekarang ini telah populer di masyarakat sebagai salah satu instrument investasi atau trading.

Berbicara tentang uang kripto atau cryptocurrency sangat populer di kalangan anak muda. Faktanya, banyak orang percaya bahwa berinvestasi di cryptocurrency lebih menguntungkan daripada berinvestasi di saham.

Apa itu crypto?

Secara umum, crypto adalah mata uang virtual yang keamanannya dijamin dengan enkripsi. Kriptografi tidak memungkinkan untuk dipalsukan atau dibelanjakan secara ganda. Karena itu, meskipun digunakan tidak mungkin dipalsukan dan merugikan pemiliknya.

Mengapa mata uang kripto begitu populer belakangan ini? Alasannya aset digital tidak dipegang oleh modal, seperti bank. Dengan menggunakan jaringan teknologi Blockchain, distribusi dapat ditransfer ke komputer yang berbeda.

Tidak ada yang mengontrol aset virtual kamu saat memiliki mata uang kripto. Bahkan sekarang, berbagai negara sudah mulai mengizinkan penggunaan cryptocurrency. Kamu juga dapat membelanjakannya untuk bisnis di seluruh negeri.

Bagaimana cara kerja Cryptocurrency?

Cryptocurrency didukung oleh teknologi yang disebut blockchain. Teknologi ini menjamin keamanan transaksi online meski dengan campur tangan pihak ketiga.

Cryptocurrency dilindungi oleh berbagai algoritma dan sandi serta kriptografi yang mengacu pada teknologi blockchain.

Apa itu Blockchain? Pertama, kita bisa mencoba memahami apa itu blockchain dari namanya. Pada dasarnya, blockchain adalah kumpulan blok yang terhubung ke buku besar online. Setiap blockchain memiliki proses transaksi sendiri yang didukung oleh setiap jaringan.

Jenis Crypto Populer

Jenis cryptocurrency apa yang ada di dunia? Seiring waktu, banyak koin crypto bermunculan. Di antara banyak cryptocurrency yang tersedia saat ini, dua yang paling populer adalah Bitcoin dan ETH.

Bitcoin ditemukan oleh Satoshi Nakamoto. Dia pertama kali memperkenalkan konsep cryptocurrency pada tahun 2008. Sekarang, Bitcoin adalah cryptocurrency paling populer saat ini, sementara harganya terus berfluktuasi hingga sekarang.

Cryptocurrency populer lainnya adalah Ethereum atau yang biasa kita sebut ETH. Seperti Bitcoin, nilai ETH juga sangat penting. Saat ini, 1 ETH bernilai Rp 24 juta. Maret lalu, saat nilai seluruh aset kripto naik, harga 1 ETH mencapai Rp 50 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan