Ini Ciri Bus yang Sudah Lolos Uji Ramp Check di Terminal Type-A Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Memasuki puncak arus mudik, transportasi bus menjadi fokus perhatian. Terkait dengan kelayakan bus yang akan menampung para pemudik nanti, ini merupakan ciri bus yang sudah lolos uji ramp check.

Kepala Bidang Angkutan dan Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Kurnia menuturkan, pihaknya telah melaksanakan kegiatan ramp check serta melakukan pengawasan terhadap transportasi bus.

Hal tersebut dilakukan guna menciptakan transportasi yang aman serta berkeselamatan, terutama saat puncak arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Kita akan mengawasi kesiapan jumlah armada dan ketersediaan jumlah kursi penumpang di terminal. Lalu menyiapkan fasilitas pelayanan pada terminal,” ujar Asep Kurnia kepada Jabar Ekspres, Selasa (18/4).

Dirinya menjelaskan, terkait ciri bus yang layak jalan saat arus mudik lebaran ialah terdapat stiker perhubungan. Itu menandakan bahwa angkutan bus tersebut telah dinyatakan lolos uji ramp check.

“Untuk bus yang dinyatakan layak jalan cirinya ada stiker tepat di kaca depan bus. Stiker itu logonya perhubungan,” jelasnya.

Ciri angkutan yang sudah lolos uji ramp check, terdapat stiker logo perhubungan, yang terdapat tepat di depan kaca bus (Sadam Husen/Jabar Ekspres)

Uji ramp check sendiri meliputi sistem pengereman, sistem penerangan, sistem kemudi, kualitas ban (tidak vulkanisir), kaca tidak pecah, dan alat tanggap (P3K, pemecah kaca, APAR) yang ada pada bus.

Tak lupa, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap supir-supir bus yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung.

“Di Terminal Cicaheum dan Terminal Leuwipanjang sudah ada posko kesehatan dari Dinas Kesehatan, ini salah satunya juga untuk mengecek kondisi kesehatan supir,” katanya.

“Dan juga ada petugas Dishub yang terus melakukan pengawasan terhadap kondisi bus,” tambahnya.

Asep mengimbau, bagi masyarakat yang akan mudik menggunakan motor atau mobil pribadi, agar senantiasa mengecek kesiapan kendaraannya. Tak lupa, kondisi kesehatan harus dalam keadaan fit, agar selamat sampai tujuan.

“Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, cek dulu kondisi kendaraannya apakah sudah layak jalan terutama pada sistem rem dan kemudi, ban, lampu, wiper dan lainnya. Untuk kondisi perlu di checkup, apakah sedang sakit atau tidak. Harus diperiksa dulu kesehatannya,” pungkasnya. (Mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan