Percepat Transisi Energi, Mitra Program Jabar Smile Terus Bertambah

JABAR EKSPRES – Upaya PLN untuk mendorong transisi energi sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi yang ramah lingkungan terus digelorakan, salah satunya dengan Program Jabar Smile. Program Jabar Smile yang lahir sejak tahun 2021 ini terus tumbuh dengan semakin banyaknya jumlah perusahaan atau institusi yang bergabung.

Susiana Mutia, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Jabar (UID Jabar) mengatakan program Jabar Smile merupakan bentuk dukungan PLN kepada pemerintah terkait percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan sebagai upaya transformasi energi menjadi energi bersih atau lebih ramah lingkungan (green energy).

“Setiap tahunnya program Jabar Smile selalu menunjukkan geliat yang positif. Hal ini nampak dari penambahan mitra kerja sama dan semakin luasnya skema kerja sama pada ekosistem Jabar Smile,” kata Susi saat penandatanganan kerja sama dengan 7 mitra baru Jabar Smile di Kantor PLN Braga Bandung, Kamis (13/4).

Susi menjelaskan, pada tahun 2023 ini Jabar Smile menambah mitra kerja sama dan melahirkan Jabar Smile 3.0 dengan mitra yang lebih bervariasi. Mitra yang bekerja sama ada yang bergerak di bidang pembiayaan, PV Rooftop, otomotif, perikanan, hingga pariwisata. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran dan kebutuhan akan green energy, yakni energi berbasis listrik telah bergerak ke seluruh sendi kehidupan masyarakat, sesuai dengan tagline Jabar Smile 3.0 adalah Tumbuh Bersama, Hadirkan Senyum Kebahagiaan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Barat, Zaenal Ariefin menyampaikan saat ini terjadi perubahan gaya hidup dari penggunaan energi fosil menjadi energi yang ramah lingkungan, misalnya dengan semakin banyaknya penggunaan kendaraan listrik.

“Tentunya penggunaan energi yang ramah lingkungan sangat kami dukung. Saat ini juga telah ada kebijakan pemerintah mengenai Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Menjadi tantangan PLN untuk mendukung ekosistem KBLBB, antara lain menyediakan insfrastruktur dan mengenalkan penggunaan KBLBB kepada masyarakat. Kami akan mendukung PLN untuk kemajuan bersama,” jelas Zainal.

Sementara itu, Reza, Branch Manager Wuling Arista Cabang Suci sebagai salah satu mitra baru mengungkapkan ketertarikan dengan Jabar Smile karena memberikan benefit dan menambah relasi. Pihaknya dapat lebih banyak saling tukar informasi antar mitra dan dengan bergabung di Jabar Smile dapat melakukan pemasaran bersama serta menjalin kerja sama antar mitra Jabar Smile.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan