Apakah Haram Behubungan Badan Suami Istri di 10 Hari Terakhir Ramadhan?

JABAR EKSPRES – Ada pertanyaan yang seringkali muncul di kalangan umat muslim, terutama bagi pasangan suami istri, yaitu apakah haram untuk berhubungan badan di 10 hari terakhir Ramadhan?

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan dari Allah SWT. Selama bulan suci ini, umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Sang Pencipta.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang topik ini, mari kita kembali ke sumber utama dari ajaran Islam, yaitu Al-Quran dan Hadis.

Tidak ada ayat atau hadis yang secara spesifik melarang pasangan suami istri untuk berhubungan badan di 10 hari terakhir Ramadhan.

Beberapa hadis yang mengingatkan bahwa selama berpuasa, kita harus menjaga diri dan membatasi nafsu kita.

Tapi pada dasranya berhubungan badan di 10 malam terakhir di bulan Ramadhan pada dasarnya diperbolehkan dan halal, namun bisa menjadi haram dan dilarang dengan kondisi tertentu.

Baca Juga: Yamaha RX King 2023 Bakal Laku di Pasaran Indonesia, Harganya Setara Scoopy?

Hal itu seperti firman Allah SWT yang berbunyi:

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالْآَنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آَيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa, bercampur dengan istri-istri kamu; mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu, Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah kamu, hingga jelas bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian, sempurnakanlah puasa itu sampai malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedangkan kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayatNya kepada manusia supaya mereka menjadi bertaqwa” (Q.s. Al-Baqarah: 187).

Sebaiknya pasangan suami istri memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk berhubungan badan di 10 hari terakhir Ramadhan.

Pertama, pastikan bahwa kesehatan Anda dan pasangan Anda dalam keadaan baik dan prima.

Kedua, pastikan bahwa Anda dan pasangan Anda tidak dalam keadaan lelah atau kelelahan, karena puasa bisa menguras energi tubuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan