6 Tips Puasa Sehat Agar Ibadah Tetap Lancar!!

JABAR EKSPRES – Bulan puasa Ramadhan tinggal beberapa hari lagi dan penting bagi kita untuk menjaga 6 tips puasa sehat ini agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Baca juga: Persiapan Lebaran! Resep Kue Nastar Gurih dan Lembut

Di akhir-akhir bulan puasa biasannya kita selalu merasa malas dan tidak bersemangat, seperti tidak bangun untuk melakukan makan sahur dan bahkan ibadah juga makin tidak lancar. Disini aku bakal kasih 6 tips puasa sehat agar ibadah tetap lancar.

Melakukan ibadah puasa sehat harus dijadikan prioritas tubuh kita agar tetap menjadi lebih sehat, bugar, dan ibadah juga tetap di laksanakan dengan lancar tanpa hambatan adanya sakit.

Berikut 6 Tips Puasa Sehat Agar Ibadah Tetap Lancar:

  1. Menjaga hidrasi tubuh

Untuk menjaga hidrasi tubuh saat melaksanakan ibadah puasa, seperti hari-hari biasa kita harus minum air putih sebanyak 8 gelas sehari. Untuk mempertahankan hidrasi tubuh kita, hindari sebisa mungkin untuk minum-minuman yang bergula atau manis seperti sirup atau teh manis saat berbuka puasa.

Melansir dari m.dekoruma.com menurut Dr. Alia Hafiz, Michele Doura dan Ayyan Barre dari World Food Programme, berarti berbuka dengan meminum air putih terlebih dahulu agar tubuh cepat terhidrasi dan tetap bugar.

  1. Tidak melewatkan makan sahur

Di minggu-minggu terakhir bulan puasa biasanya kita terlalu malas untuk bangun dan akhirnya melewatkan makan sahur. Hal ini jangan sampai kita lewatkan agar puasa kita tetap sehat dan lancar. Makan-makanan sahur yang bergizi karbohidrat dan memiliki serat tinggi seperti sayuran, dan protein daging.

  1. Tidak berolahraga saat melaksanakan ibadah puasa

Disaat kita puasa biasanya tubuh kita merasa lemas dan tidak bersemangat, maka dari itu hindari aktifitas olahraga saat kamu masih berpuasa. Kamu bisa lakukan aktifitas olahraga di waktu sesudah buka puasa dan sebelum sahur agar puasa kita tetap sehat dan ibadah juga lancar.

  1. Makan secara perlahan saat berbuka puasa

Setelah menahan diri dari rasa lapar dan haus biasanya kita selalu berlebihan untuk makan-makanan yang banyak. Tetapi sebenarnya makan yang berlebihan juga tidak baik dan dianjurkan untuk makan secara perlahan agar tubuh kita dapat bekerja mencerna makanan dengan baik.

Tinggalkan Balasan