Daftar Jurusan Kuliah Soshum dan Prospek Kerjanya, Tertarik?

Pengertian Soshum

Soshum merupakan sebuah akronim atau singkatan dari Sosial Humaniora. Jurusan Soshum ini jurusan yang mendalami ilmu sosial, kebahasaan, budaya, dan sebagainya.

Pengertian Saintek

Sedangkan jurusan saintek merupakan sebuah singkatan dari sains dan teknologi. Biasanya berasal dari jurusan IPA lah yang diperbolehkan untuk mengambil peminatan studi ini. Seperti Kedokteran, Farmasi, Teknik, dan sebagainya.

Nah, bagi kamu yang SMA-nya mengambil jurusan IPS dan ingin berkuliah jurusan-jurusan Soshum, simaklah rekomendasi jurusan kuliah soshum dan prospek kerjanya.

 

Daftar Jurusan Kuliah Soshum dan Prospek Kerjanya

Berikut ini merupakan daftar jurusan kuliah Soshum beserta prospek kerjanya.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

-Jurusan HI (Hubungan Internasional)

Jurusan HI ini merupakan jurusan yang mempelajari mengenai Kebijakan Luar Negeri, Hukum Internasional, Hak Asasi Manusia, Manajemen Resolusi Konflik, Praktik Diplomasi, dll.

Adapun prospek kerja dari jurusan HI (Hubungan Internasional) adalah Diplomat, Jurnalis, Konsultan, HR Manager.

-Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan komunikasi merupakan jurusan yang mempelajari mengenai komunikasi atau pengiriman pesan antara individu, kelompok, atau organisasi.

Mata kuliah: Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Antar Kelompok, Komunikasi Massa, Komunikasi Antar Budaya, Psikologi Komunikasi, dll.

Biasanya jurusan komunikasi mempunyai fakultasnya tersendiri. Adapun prospek kerja jurusan ilmu komunikasi adalah: Jurnalis, Copywriter, Public Relation, Content Creator, Penyiar Radio dan sebagainya.

-Jurusan Sosiologi

Mungkin bagi kamu yang mengambil jurusan IPS di SMA, dipastikan tidak akan asing dengan sosiologi yang mana mempelajari tentang masyarakat.

Jurusan Sosiologi mempelajari sebab akibat dari segala permasalahan sosial yang dialami oleh warga disuatu daerah.

 

Fakultas Ekonomi

Fakultas ekonomi biasanya memiliki beberapa jurusan seperti:

-Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen ini merupakan jurusan yang paling diminati oleh banyak calon mahasiswa. Adapun materi kuliahnya nggak jauh-jauh dari bidang ekonomi, bisnis, keuangan, hingga sumber daya manusia.

Statistika Bisnis, Manajemen Operasi dan Inovasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, dan sebagainya.

Prospek kerja: Management Trainee, HR, Project Manager, Konsultan.

-Bisnis Digital

Bagi kamu yang ingin menjadi enterpreuner atau pembisnis di era digital jurusan ini cocok banget untuk kamu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan