Contoh Ceramah Tarawih Singkat Tentang ‘Puasa Mata’

JABAR EKSPRES – Berikut adalah contoh ceramah tarawih singkat tentang ‘Puasa Mata’ yang bisa kamu jadikan bahan materi selama Ramadhan.

Puasa Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi kita untuk merenungi dan memperbaiki kualitas diri, termasuk menjaga pandangan mata.

Biasanya pada saat malam solat tarawih kita selalu mendengarkan ceramah tarawih tentang hal apapun sebelum melakukan solat tarawih.

Nah berikut ini ada bahan materi tentang contoh ceramah tarawih singkat tentang ‘Puasa Mata’ yang bisa di jadikan referensi buat kamu.

Langsung saja berikut adalah contoh ceramah singkat Tarawih tentang ‘Puasa Mata’

Baca Juga: Cara Mengajarkan Anak-anak Puasa Setengah Hari dengan Mudah dan Aman

Ceramah Singkat Tarawih Tentang ‘Puasa Mata’

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Marhaban ya Ramadhan. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat bertemu dengan bulan yang mulia ini.

Pada kesempatan malam ini, saya ingin mengingatkan kita semua tentang sebuah amalan yang sangat penting selama bulan Ramadhan, yaitu puasa mata.

Puasa mata adalah puasa dari melihat hal-hal yang haram dan menghindari pandangan mata yang tidak senonoh. Hal ini termasuk melihat gambar-gambar, video, film, atau hal-hal yang dapat merusak hati dan pikiran kita.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita menjaga mata, menahan pandangan, atau lebih tepatnya, ghadlul bashar.

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ . وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ  وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya… (QS. An Nur: 30-31)

Puasa mata ini sangat penting karena mata adalah salah satu organ tubuh yang memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi perilaku dan pikiran seseorang.

Baca Juga: Bagaimana Pasangan Muda Bisa Mengatur Keuangan Keluarga dengan Baik?

Dengan membatasi pandangan mata kita, kita dapat mengendalikan hawa nafsu dan menghindari godaan-godaan yang dapat merusak iman kita.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan