Libur Panjang di Kala Ramadan, Objek Wisata Lembang Sepi Pengunjung

JABAR EKSPRES – Arus wisatawan di kawasan objek wisata di Lembang Bandung pada libur panjang peringatan hari Paskah terlihat sepi.

Diantaranya di kawasan wisata Farmhouse dan The Great Asia Afrika (TGAA) Lembang yang biasanya ramai pengunjung, pada libur kali ini hanya segelintir wisatawan yang datang, Jumat 8 April 2023.

Pengelola wisata Farmhouse dan TGAA Lembang, Wawan Gunawan menjelaskan pada libur panjang ini jumlah kunjungan tak ada peningkatan signifikan dan jumlahnya jauh dibanding libur biasanya.

“Di long weekend Jumat dan Sabtu ini nggak ada peningkatan signifikan. Hari kemarin libur Paskah cuma 700 orang. Hari ini juga nggak beda jauh, di bawah 1.000 pengunjung,” jelas Wawan.

Menurutnya, hal ini terjadi karena bertepatan dengan Ramadan. Meski saat ini sedang libur panjang, kebanyakan wisatawan memilih berdiam diri di rumah bersama keluarga.

“Saya kira salah satunya karena sedang puasa, orang juga memilih istirahat dan kumpul di rumah. Yang datang kebanyakan memang yang tidak puasa ya,” tutur Wawan.

Wawan menyebut kunjungan diprediksi mulai melonjak usai lebaran. Sebab sebelum lebaran, orang-orang juga memilih untuk mempersiapkan perayaan Idul Fitri.

“Kalau sebelum lebaran, orang memilih wisata belanja dulu. Nah baru H+2 lebaran, mulai datang ke tempat wisata. Kita prediksi sampai H+14 akan ramai,” beber Wawan.

Sementara itu, menghadapi puncak kunjungan wisatawan di waktu yang sudah diprediksi itu, pihak pengelola pun telah mempersiapkan diri dengan perbaikan fasilitas dan menyiapkan suguhan wahana baru lainnya.

“Ya sekarang kita manfaatkan untuk beres-beres dulu, terus persiapan wahana baru tapi belum bisa kita sampaikan apa. Biar jadi kejutan saja nanti,” pungkasnya.(mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan