Bagaimana Pasangan Muda Bisa Mengatur Keuangan Keluarga dengan Baik?

JABAR EKSPRES – Hai, pejuang nikah muda! Sudah pernah merasa pusing ngatur keuangan keluarga? Kalau iya, tenang saja, kamu tidak sendiri.

Mengatur keuangan keluarga memang gampang-gampang susah, apalagi kalau kamu dan pasanganmu masih muda dan belum terbiasa dengan urusan keuangan.

Namun, jangan khawatir! Dalam artikel kali ini, akan berbagi beberapa tips keuangan keluarga yang bisa membantu kamu dan pasanganmu mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Melansir dari channel youtube Lolita Setyawati yang berjudul “TIPS KEUANGAN KELUARGA – RUMAH TANGGA PASANGAN MUDAyoutuber itu memberikan tips keuangan bagi pasangan muda yang baru menikah atau yang akan menikah dalam waktu dekat.

Baca Juga: 7 Cara Cepat Dapat Uang dengan Mudah dan Halal di Bulan Ramadhan, No 7 Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah!

Tips Mengatur Keuangan Keluarga untuk Pasangan Muda

Bicarakan Pendapatan dan Pengeluaran

Pertama-tama, pasangan tersebut harus membicarakan pendapatan dan pengeluaran masing-masing, aset dan hutang, serta pandangan mereka terhadap uang.

Sepakati Tujuan Keuangan Jangka Pendek

Mereka harus menyepakati tujuan keuangan jangka pendek, menengah, dan panjang, pembagian tugas, penggunaan rekening, dan batas-batas pengeluaran bersama.

Persiapkan Asuransi

Bicarakan soal anggaran untuk asuransi lalu, tentukan jenis asuransi apa yang ingin diambil, terutama asuransi BPJS kesehatan.

Paersiapkan Dana Pendidikan

Tabungan pendidikan juga harus dipikirkan sejak awal meskipun baru menikah atau belum memiliki anak karena biaya pendidikan cenderung meningkat setiap tahun.

Persiapkan Dana Pensiun

Selanjutnya, dana pensiun harus disiapkan meskipun masih jauh karena semakin cepat disiapkan, nilainya akan semakin besar di masa depan.

Semua point-point diatas harus dibicarakan secara terbuka dan disepakati bersama untuk menghindari masalah keuangan yang bisa mengganggu keharmonisan rumah tangga.

Tips terakhir adalah untuk melakukan evaluasi setiap bulan atau setiap tiga bulan sekali untuk melihat apakah rencana keuangan yang sudah disepakati bersama sudah berjalan dengan baik.

Baca Juga: APK Penghasil Uang Tercepat Happy Wifi Hasilkan Hingga Rp1,2, Coba Sekarang!

Jika ada masalah, segera bicarakan dengan pasangan dan cari solusinya bersama.

Masalah keuangan dan rumah tangga sangatlah penting dan harus dibicarakan secara terbuka dan jujur di antara pasangan, terutama bagi pasangan muda yang baru menikah atau memiliki rencana untuk menikah dalam waktu dekat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan