Menu Berbuka Puasa Favorit Masyarakat Indonesia, Kamu Golongan Mana?

JABAR EKSPRES – Berbuka puasa merupakan hal yang paling dinanti-nanti oleh ummat Islam setelah menahan lapar dan haus selama seharian. Berbagai menu untuk berbuka puasa banyak dijual oleh para pedagang.

Ternyata, menurut hasil survey yang GoodStats lakukan terhadap pola perilaku masyarakat Indonesia sepanjang Ramadhan 2023, ada makanan dan minuman favorit masyarakat Indonesia selama Ramadhan kali ini.

Berikut daftar lengkap menu berbuka puasa (makanan dan minuman) favorit masyarakat Indonesia berdasarkan survey tersebut.

Makanan

No.

MenuJumlah

1

Aneka Gorengan

33%

2

Nasi dan Lauk Pauk

27,9%

3

Buah-Buahan

20,4%

4

Kue7,4%

5

Kolak

5,6%

6Mie

4%

7Lainnya

3,7%

BACA JUGA: Makanan Favorit Masyarakat Indonesia Saat Sahur, Kamu Golongan Mana?

Berdasarkan tabel tersebut, ternyata gorengan menjadi santapan favorit masyarakat Indonesia untuk membatalkan puasanya dengan 33 persen koresponden.

Nasi dan lauk pauk berada di urutan kedua dengan 27,9 persen koresponden. Lalu, diikuti oleh buah-buahan dengan 20,4 persen koresponden.

Kue berada di bawah buah-buahan dengan 7,4 persen koresponden. Lalu, diikuti kolak dengan 5,6 persen.

Mie yang berada di urutan kedua sebagai menu favorit saat sahur berada di bawah kue dengan 4 persen. Hal ini disebabkan karena orang-orang memiliki banyak waktu untuk masak beragam menu untuk berbuka lainnya.

Minuman

No.

MenuJumlah

1

Sop Buah/Es Campur25,3%
2Minuman Kemasan

22,1%

3

Teh/Kopi17,2%

4

Beragam Jus Buah

16,9%

5Beragam Kolak

7,5%

6Lainnya

11%

Note: Selain Air Putih

BACA JUGA: Tips Agar Keuangan Aman Saat Ramadhan

Siapa sangka, ternyata sop buah/es campur merupakan jawara minuman untuk berbuka puasa. Sop buah/es campur memiliki persentase sekitar 25,3 persen.

Lalu, minuman kemasan baik itu yang bersoda ataupun tidak berada di urutan kedua dengan 22,1 persen koresponden. Minuman kemasan merupakan pilihan yang paling praktis untuk berbuka, apalagi jika terjebak di tengah kemacetan.

Teh/kopi berada di peringkat ketiga dengan 17,2 persen koresponden. Lalu, ada beragam jus buah yang merupakan minuman sehat dengan 16,9 persen koresponden.

Menu khas Ramadhan, yaitu beragam kolak berada di urutan kelima dengan 7,5 persen. Koresponden lain memilih minuman lainnya yang tidak ada di tabel dengan 11 persen. Lebih banyak dari beragam kolak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan