Mengenal Shiba Inu, Anjing yang Menjadi “Pengganti” Logo Twitter

Jabar Ekspres – Elon Musk selaku CEO platform Twitter mengganti logo twitter yang awalnya berlogo burung biru menjadi logo anjing “Shiba Inu”.

Saat logo Twitter diubah menjadi Shiba Inu, Elon membagikan meme tentang perubahan tersebut kepada 133,5 juta pengikutnya. Namun, logo anjing tersebut hanya dapat dilihat oleh beberapa pengguna Twitter, termasuk situs web perusahaan. Sebagai informasi, anjing shiba merupakan logo dari mata uang kripto dogecoin.

BACA JUGA: Alasan Orang Korea Selatan Menyukai Kopi Americano

Yuk kenalan dengan si lucu Shiba Inu yang sedang trending

Mengutip dari situs Wikipedia Shiba Inu (柴犬, Anjing Shiba) adalah anjing dari Jepang yang sudah ada sejak zaman dahulu. Shiba Inu adalah jenis anjing paling populer di Jepang. Jenis anjing berukuran sedang, jantan tingginya sekitar 38-41 cm sedangkan betina tingginya sekitar 35-38 cm.

Shiba Inu merupakan salah satu dari tujuh ras unggul (sekarang hanya tersisa 6) yang ditetapkan sebagai warisan nasional Jepang (tennen kine butsu) sejak 16 Desember 1936. Menurut informasi terbaru dari Asosiasi Perlindungan Anjing Jepang, sekitar 80% anjing ras Jepang adalah Anjing Shiba.

BACA JUGA: Seekor Zebra Lepas dari Kebun Binatang dan Berkeliaran di Seoul

Asal-usul nama “Shiba Inu”

Dalam bahasa Jepang, shiba berarti kayu bakar (seperti dalam kari shiba, mengumpulkan kayu bakar). Kayu bakar diperoleh dari berbagai semak yang tidak tumbuh tinggi. Ada beberapa teori mengenai asal usul nama “Shiba Inu”

  1. Teori pertama adalah bahwa anjing bernama anjing shiba ini mampu menembus semak-semak (Shiba) saat berburu.
  2. Teori kedua mengatakan bahwa warna bulunya yang coklat kemerahan seperti terbakar sinar matahari menyerupai warna ranting semak yang kering (dari asal kata shiba alias semak merah).
  3. Teori ketiga menyebutkan bahwa ukuran tubuh anjing adalah “kecil” (bahasa Jepang kuno untuk “kecil” adalah Shiba).
  4. Teori lain menyebutkan bahwa anjing ini berasal dari desa Shiba di wilayah Shinshu

Sifat Khusus

  1. Anjing Shiba Tahan terhadap 4 perubahan cuaca ekstrem di Jepang, musim dingin, suhu panas dengan kelembapan tinggi di musim panas, dan hujan lebat.
  2. Secara umum Anjing Shiba cocok sebagai anjing penjaga karena cerdas dan berani, sangat waspada, tidak mudah ramah atau jinak kepada orang asing, serta sangat setia kepada pemiliknya.
  3. Shiba Inu adalah anjing pendamping yang telah digunakan sejak zaman kuno untuk berburu di daerah pegunungan, lembah, dan kaki bukit, tetapi saat ini hanya anjing pengangkut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan