Yang Harus Diperhatikan Saat Mudik Membawa Bayi

JABAR EKSPRES – Lebaran Idul Fitri 2023 tinggal menghitung hari, banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambutnya. Salah satu tradisi unik di Indonesia menjelang Lebaran adalah Mudik kekampung halaman. Lalu bagaimana bila harus mudik membawa bayi, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

Mudik Lebaran memang menjadi momen yang sudah menjadi tradisi turun temurun. Sebagai salah satu sarana untuk bersilaturohim bersama sanak keluarga dikampung halaman.

Namun adakalanya, momen tersebut bertepatan saat anak kita masih kecil atau bahkan bayi.

Banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan saat terpaksa harus membawa si kecil untuk perjalanan jauh menuju kampung halaman.

Selain kondisi fisik dan kondisi kendaraan yang prima, perlengkapan pribadi dan juga bayi yang tak boleh terlewatkan.

Agar selama perjalan mudik akan tetap aman dan nyaman baik untuk bayi dan juga semua anggota keluarga yang ikut, harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Siapkan semua kebutuhan anak atau bayi selama dijalan dan saat nanti di kampung halaman

Jangan sampai ada kebutuhan yang terlewatkan, hingga membuat bayi rewel diperjalanan. Beberapa kebutuhan bayi diantaranya Popok, lap, alas plastik, dan juga Selimu, siapkan beberapa selimut yang lembut supaya anak merasa nyaman di perjalanan.

Selain itu juga siapkan tas plastik beberapa ukuran berbeda untuk menyimpan pakaian kotor, sampah bekas popok, hingga sepatu anak.

Jangan lupa juga bawa Handsanitizer, tisu basah, dan tisu kering. Yang terpenting lagi bawa mainan kesayangan anak agar anak tetap bisa bermain dengan senang selama diperjalanan.

Persiapkan juga Pakaian, kaos kaki, dan sepatu anak, perlengkapan mandi anak, Topi dan sunscreen khusus anak agar kesehatan kulitnya tetap terjaga.

Bawa juga perlengkapan makan anak, seperti botol minum, tempat makan, dan peralatan makan anak berbahan plastik.

Jika diperlukan bawa kursi makan anak portable untuk memudahkan menyuapi anak saat diperjalanan.

Untuk membuat anak senang, siapkan juga Camilan kesukaan anak. Dan untuk berjaga-jaga jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, siapkan juga P3K khusus anak dan Car seat (untuk bepergian menggunakan mobil atau pesawat terbang) juga Stroller.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan