Nippon Paint Lapisi Struktur Kubah Masjid Raya Al Jabbar

Jabar Ekspres – Kemegahan dan keunikan Masjid Raya Al Jabbar yang terletak di Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung mengundang decak kagum khalayak luas.

Secara visual, konstruksi kubah dengan lengkungan kurva menumpuk ini terinspirasi dari rumus matematika Al Jabar. Selain itu, dalam konteks spritual, konsep “Al-Jabbar” dimaknai Allah Maha Kuasa dan Maha Perkasa di atas segala sesuatu, termasuk di atas keberadaan manusia.

Tidak heran, bila penamaan masjid ikonik ini menjadi Masjid Raya Al Jabbar.

Berbicara mengenai konstruksi bangunan, Masjid Raya Al Jabbar memiliki struktur utama beton. Khusus rangka atap kubah, menggunakan struktur baja dengan penutup kaca dan aluminium panel atau disebut ASP (Aluminium Sheet Panel).

Sementara itu, bagian lengkung masjid berupa lembaran kaca patri yang disusun saling menindih seperti sisik ikan.

Mark Liew, General Manager (Tu Division) Nippon Paint Indonesia mengatakan bahwa “Nippon Paint menggunakan serangkaian produk untuk diaplikasikan pada ASP (Aluminium Sheet Panel) yaitu Nippe 2000 EP Primer Surfacer, Nippon PU HS dan Nippe Hi-Gloss PU Clear untuk melindungi kubah ikonik masjid termegah di kota Bandung ini”.

Produk Nippe 2000 EP Primer Surfacer merupakan cat berbasis epoxy amine adduct yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan permukaan yang halus dan mudah diamplas.

Keunggulan dari produk ini adalah memiliki daya tahan yang tinggi terhadap air, minyak dan pelarut, serta memiliki daya lekat dan kekuatan yang sangat baik.

Selain itu, Nippe 2000 EP Primer Surfacer juga dilengkapi dengan lapisan anti karat, sehingga meningkatkan ketahanan baja agar terhindar dari korosif.

Sedangkan Nippon PU HS sebagai cat akhir 2 komponen poliuretan berkualitas tinggi dengan retensi kilap tahan lama. Memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap air, cuaca dan zat kimia, membuat produk ini mampu memberikan perlindungan maksimal pada permukaan yang dikelilingi dengan kondisi lingkungan ekstrim.

Pada tahap akhir, Nippon Paint menggunakan produk Nippe Hi-Gloss PU Clear, cat finishing dua komponen berbahan dasar poliuretan.

Cat ini mudah diaplikasikan sebagai finish coat untuk melindungi permukaan dan tampak berkilau, tandas Mark Liew.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan