Cek Selalu Kondisi Tekanan Angin Ban Sepeda Motor

BACA JUGA: Tips Postur Berkendara Yang Aman dan Nyaman

Ban Retak
Kondisi ban yang retak di bagian samping menjadi indikasi jika ban yang digunakan kurang tekanan angin. Lama kelamaan retakan tersebut menyebabkan robek dan ban tidak bisa digunakan lagi.

Ban Aus/ Gundul Di Bagian Samping
Indikasi jika ban sepeda motor kurang tekanan angin adalah menyebabkan ban gundul di bagian samping saja karena tekanan tidak merata.

Susah Belok
Efek yang sering terjadi ketika tekanan angin pada ban kurang adalah setir kemudi terasa berat saat berbelok atau bermanuver akibat permukaan ban yang menempel pada permukaan jalan lebih banyak ditambah beban sepeda motor berlebih saat dikendarai sehingga sepeda motor sulit dikendalikan.

Konsumsi Bahan Bakar Lebih Boros
Kurang tekanan angin pada ban juga bisa menjadi penyebab konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, itu karena kinerja mesin yang menerima beban berlebih. Kerusakan yang terjadi akibat kurang tekanan bukan cuma pada ban saja, tapi bisa berpotensi kerusakan pada komponen lainnya seperti velg dan juga suspensi baik depan dan belakang.

Maka dari itu sangat disarankan untuk selalu cek kondisi dan juga tekanan ban yang sesuai dengan ukuran standar rekomendasi pabrikan. Untuk mengetahui berapa ukuran standar tekanan ban, bisa dilihat pada label stiker yang biasanya terletak di bagian sepeda motor, seperti dibagian belakang untuk tipe sport dan dibagian depan dekat leher stang kemudi untuk motor tipe matic.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan