Ada 3 Waktu Untuk Memperbanyak Doa Di Bulan Ramadhan

JABAR EKSPRES – Bulan Suci Ramadhan adalah bulan yang mulia bagi umat Islam yang sangat ditunggu kehadirannya. Pada bulan Ramadhan ini ada 3 waktu untuk memperbanyak doa.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling mulia karena bulan pengampunan dosa, dibukakan pintu-pintu surga, ditutupnya pintu-pintu neraka, dilipatgandakan pahalanya dan masih banyak kemuliaan lainnya.

Baca juga: 9 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa !!

Pada kesempatan ini kita berlomba – lomba untuk mencari pahala dan memperbanyak doa. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186)

Melansir dari Muslim.or.id ada 3 waktu yang bisa untuk memperbanyak Doa disaat Bulan Suci Ramadhan yaitu:

  1. Di Waktu Sahur

Disaat kita berdoa di sepertiga malam atau diwaktu sahur maka akan dikabulkan segala doa permintaan dan pengampunan. Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari no. 1145 dan Muslim no. 758). Imam Nawawi berkata, “Pada waktu itu adalah waktu tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 36).

Baca juga: Resep Ayam Bakar Bumbu Kacang Untuk Buka Puasa

  1. Di Waktu Puasa

Saat sedang melaksanakan puasa alangkah baiknya kita berdoa untuk urusan dunia dan akhirat, karena pada diwaktu itu Allah SWT akan menyukai juga orang-orang yang berdoa diwaktu sedang berpuasa.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan