Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadan

JABAR EKSPRES – Tidak terasa bulan Ramadan akan tiba, bagi setiap umat muslim di dunia akan melaksanakan ibadah puasa.

Bulan Ramadan tentunya sangat dinantikan oleh umat muslim karena hanya datang setahun sekali. Bulan yang penuh cinta dan dibukanya pintu ampunan oleh Allah SWT.

Maka sudah sepatutnya wajib menjalankan ibadah puasa. Sebelum menjalankan puasa selama sebulan penuh, harus melakukan mandi wajib menjelang bulan ramadan.

Tujuan mandi wajib selama bulan ramadan ini untuk membersihkan diri secara lahir dan batin dalam menjalani ibadah puasa sebulan penuh.

Ajuran mandi sebelum bulan Ramadan ini sesuai dengan penjelasan Syeh Ibrahim al-Bajuri dalam Hasyiyah al-Bajuri (1/81) mengutip dari laman resmi NU.

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة…ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذلك

Artinya, “Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Niat Mandi Sebelum Puasa Ramadan

“Nawaitu adâ’al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta’âlâ.” 

Artinya: Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadhan karena Allah Ta’ala.

Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa

  1. Basuh seluruh badan untuk membersihkan kotoran atau Najis dari tubuh
  2. Membaca basmallah
  3. Berkumur sampai 3 kali
  4. Menghadap kiblat
  5. Baca niat sebelum puasa ramadan dalam hati
  6. Basuh badan hingga 3 kali
  7. Lalu mandi seperti biasa
  8. Setelah selesai mandi, berwudhu seperti biasanya.

Demikian niat dan tata cara mandi sebelum menjalankan puasa Ramadan, semoga kita dilancarkan dalam menjalankan ibadah puasa dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga informasi ini bermanfaat bagi semuanya.

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan