Do’a Niat Puasa Ramadhan Untuk 1 Bulan Penuh

Jabar Ekspres – Ramadhan tiba, Ramadhan tiba, Ramadhan tiba. Bulan penuh berkah yaitu bulan ramadhan telah tiba. kementrian agama Indonesia sudah menetapkan bahwa bulan ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 23 Maret 2023.

Bulan yang hanya datang satu kali dalam setahun ini merupakan bulan yang sangat ditunggu oleh seluruh ummat muslim di seluruh dunia.

BACA JUGA: Banjir Rezeki! Dapet Saldo DANA Gratis Rp.800Rb! Gini Caranya!

Amalan wajib di bulan Ramadhan adalah puasa yang harus dilakukan sepanjang bulan. Untuk mendapatkan syafaatnya, penting bagi setiap Muslim untuk membaca doa dengan bacaan niat setiap hari ataupun do’a niat langsung untuk satu bulan dan menyelesaikan puasa di bulan Ramadhan.

Bacaan doa puasa sebulan penuh Ramadhan dapat dibaca dalam bahasa Arab atau bahasa Indonesia. Bacaan doa puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan ini dapat dibaca dengan suara keras atau dibaca dengan hati.

Seperti dilansir NU Online, niat sebulan penuh tersebut dilafalkan sebagai salah satu bentuk kehati-hatian seseorang dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan.

Alasannya, ketika ada seseorang yang berencana puasa sebulan penuh, lalu ia lupa melafalkan niat puasa, maka tetap dianggap sah puasanya.

BACA JUGA: Tanpa KTP dan KK, Cair 10 Juta Pinjol Bunga Rendah Legal OJK Terbaru!

Biasanya do’a niat puasa sebulan penuh di bulan ramadhan dibaca pada malam pertama bulan ramadhan atau pada hari pertama bulan ramadhan. Dalam kitab Sabîl al-Hudâ karya KH A Idris Marzuk, berikut doa niat puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan:

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma jami’i syahri ramadhani hadzihis sanati taqlidan lil imami Malik fardhan lillahi ta’ala

Artinya: “Saya berniat puasa selama satu bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah taala.”

BACA JUGA: Cek Sekarang! Cara Dapat Saldo DANA Gratis Terbaru! (2023)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan