Sekolah Rabbani Tanamkan Kebiasaan Rasul Sejak Dini

BANDUNG – Sekolah Rabbani menanamkan kebiasaan Rasulullah SAW sejak dini yaitu dengan berolahraga berkuda. Berbicara olahraga, Indonesia mempunyai banyak cabang olahraga berprestasi, salah satunya adalah berkuda. Stigma olahraga mahal dan hanya dilakukan oleh kaum bangsawan, menjadikan olahraga ini kurang dilirik oleh masyarakat.

Padahal, berkuda merupakan salah satu olahraga sunnah dan menjadi pembawa kisah dalam kemenangan perang umat islam, melawan kaum Musyrikin Quraisy dalam Perang Badar. Yang kemudian olahraga ini di anjurkan oleh Rasulullah.

Hal ini menjadi faktor pendorong Sekolah Rabbani, dalam memperkenal olahraga berkuda kepada para siswanya. baik tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD).

Penanggung Jawab Ekstrakulikuler Sekolah Rabbani Misbah menyebutkan, program ini merupakan rencana yang di usung oleh sekolah. Dalam hal menanamkan pemahaman, terkait olahraga yang di sunahkan rasulullah.

“Program ini ada dari sejak Rabbani di buka. Kenapa kami memilih berkuda, selain mengajarkan tata caranya, biar mereka tau juga gitu bahwa olahraga ini merupakan olahraga yang di sunahkan oleh Rasulullah SAW,” ujar Misbah kepada Jabar Ekspres Selasa 21 Maret 2023.

Dalam hal pelaksanaan, agar proses pemahaman ini bisa sampai kepada siswa, olahraga berkuda merupakan salah satu ekstrakulikuler wajib yang ada di Sekolah Rabbani. Yang kemudian ekskul ini harus di ikuti oleh seluruh siswanya.

“Ini merupakan program dari sekolah, Jadi di Rabbani itu ada ekskul wajib, salah satunya berkuda. Jadi dalam ekskul ini di ikuti oleh seluruh siswa, baik dari TK maupun SD. Tujuan nya ya untuk memperkenal sejak dini, tentang olahraga yang di sunnah kan rasul,” tambahnya.

Namun dalam hal mengembangkan potensi. Sekolah Rabbani juga memfasilitasi, terkait olahraga lain yang di minati oleh para siswanya. Selain berkuda, Panahan dan Renang merupakan ekskul wajib lain yang ada di Sekolah Rabbani.

“Jadi di Rabbani itu ada 3 ekskul wajib, berkuda, panahan, dan berenang. Cuman ada juga ekskul pilihan lain yang bisa di pilih oleh anak-anak,” tandasnya.

Hal ini bertujuan, selain paham akan tata cara berkuda dan mengembangkan potensi lain, yang kemudian mampu berprestasi. Poin utamanya adalah untuk memperkenalkan olahraga yang di sunnah kan oleh Rasulullah SAW, kepada anak sejak dini. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan