Kapolresta Bogor Kota Lakukan Sidak Angkutan Umum di Terminal Barangsiang

JABAR EKSPRES – Kapolresta Bogor Kota Kombespol Bismo Teguh Prakoso melakukan inspeksi mendadak (Sidak) angkutan umum di Terminal Baranangsiang pada Selasa, 21 Maret 2023.

Pantauan di lokasi, Bismo didampingi Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria beserta jajarannya dan perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor menggelar kegiatan Ramp Check atau pengecekan uji kelayakan kendaraan dan pemeriksaan kesehatan terhadap para pengemudi angkutan umum.

“Dalam kegiatan ini kami juga melibatkan dari Dokkes ya bidang kesehatan, kemudian ada dari petugas penguji dalops Dishub, DLAJ juga sama-sama kita melakukan pengecekan menjelang bulan puasa ini dan juga nanti jelang lebaran,” ungkapnya saat dijumpai di lokasi pada Selasa, 21 Maret 2023.

Bismo mengaku, hal itu dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi atau mencegah kecelakaan menonjol pada tranportasi angkutan umum.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menyasar bus dan angkutan perkotaan (Angkot) dan angkutan barang untuk dilakukan serangkaian pengecekan, meliputi uji berkala KIR oleh Dishub termasuk uji komponen pengereman, uji bagian kaki-kaki dan mesin serta komponen kelistrikan.

Kemudian, pengecekan kelayakan serta kelengkapan surat-surat kendaraan angkot pada 8 trayek yang melintas di Jalan Raya Pajajaran.

“Kami mengingatkan kepada para sopir untuk tertib administrasi, karena tadi didapati ada trayek yang habis masa berlakunya, itu agar dilengkapi. Tadi kami juga berbagi beras kepada pengemudi bus, ojek online dan sopir angkot. Saya juga menempelkan nomor aduan di pintu kendaraan umum, jadi kalau pengguna kendaraan umum ada keluhan semisal pemalakan, tawuran dan aksi kriminal lain sebagainya bisa menghimpunkan ke nomor handphone saya,” bebernya.

Tak hanya itu, guna memastikan kesehatan para pengemudi, pihaknya juga melakukan test urine kepada sejumlah pengemudi secara acak. Ia menyebut dari total 18 orang yang diambil sampel, seluruhnya terbilang sehat dan tidak ada yang mengandung narkoba, alkohol dan lain sebagainya.

“Usai melaksanakan pengecekan, kami membagikan multivitamin kepada para sopir oleh Kasi Dokkes Polresta Bogor Kota,” sebutnya.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menambahkan, terkait pelaksanaan kegiatan Ramp Check diawali dengan pengecekan terhadap 40 kendaraan. Hasilnya, sekitar 30 persen kendaraan memiliki catatan dan perlu perhatian khusus untuk ditindaklanjuti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan