Pemkot Bandung Klaim Harga Beras Medium Turun Jelang Ramadan

BANDUNG – Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, untuk ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat dipastikan aman selama Ramadan 2023 atau 1445 Hijriah.

Dia meyakini, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam menjaga ketersediaan serta stabilitas harga bahan pokok, dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di bulan Ramadan.

“Beras untuk saat ini yang medium masih di Rp 10.000 sampai Rp 11.000,” ungkap Elly kepada Jabar Ekspres melalui telepon selulernya, Senin (20/3).

“Kemarin Minggu (19/3) pun kita sudah berupaya menurunkan harga beras medium,” tambahnya.

Elly menerangkan, upaya tersebut dilakukan melalui operasi pasar beras medium dan pasar murah di setiap kecamatan jelang Ramadan.

“Kita gelontorkan operasi pasar di 30 kecamatan, untuk masing-masing kecamatan kita distribusikan 20 ton beras medium, berarti ada 600 ton kita gelontorkan,” terangnya.

Elly menjelaskan, langkah yang diambil itu selain bertujuan membantu masyarakat mendapat kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, juga untuk mengurangi dampak inflasi di Kota Bandung selama Ramadan.

“Supaya mengurangi dampak inflasi. Alokasi beras medium ini kita bekerjasama dengan Bulog cabang Bandung dan juga Bank Indonesia,” jelasnya.

Elly mengungkapkan, karena harga beras medium jelang Ramadan tergolong tinggi, maka pihaknya menjual di operasi pasar dengan harga Rp 8.500 per satu kilogramnya.

“Kita upayakan terus supaya warga dalam aksesbilitas mendapat kebutuhan lebih mudah dengan harga terjangkau,” ungkapnya.

Elly menegaskan, ketersediaan bahan pangan selama Ramadan hingga Idul Fitri tetap aman, sehingga masyarakat Kota Bandung diimbau supaya tak perlu khawatir kesulitan mendapat kebutuhan pokok.

“Perlu disampaikan, ketersediaan atau stok kebutuhan pokon di Kota Bandung dipastikan aman,” tegasnya.

“Tidak perlu panic buying, jangan belanja berlebihan, jadi belilah sesuai kebutuhan, karena saya pastikan sekali lagi bahwa ketersediaan kebutuhan pokok di Kota Bandung aman,” tukas Elly.

Melalui data yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres, beberapa harga komoditas di Kota Bandung mendekati Ramadan alami kenaikan.

 

Sejumlah Harga Naik Jelang Ramadan

 

Harga telur ayam saat ini Rp29.000 per kilogram, sebelumnya masih di angka Rp 27.000 per satu kilogram. Ada kenaikan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET), sebesar Rp 2.000.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan