DBMPR Jabar Sebut Masih Ada Ratusan Lubang di Jalur Mudik Harus Diperbaiki

JABAR EKSPRES –Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat (Jabar) mengakui jika sejauh ini masih ada ratusan lubang jalan di jalur mudik 2023 nanti.

Menurut Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono, ratusan lubang jalan tersebut ditemukan berada di jalur wisata dan alternatif pemudik.

”Total ruas jalan yang bakal dilalui pemud ada sebanyak 268. Dari jumlah ini, ada jalur alternatif dan jalur wisata. Untuk alternatif, itu ada 144 jalur, dan wisata ada 154 (jalur),” terangnya, kepada wartawan, Senin (20/3).

Pria yang kerap disapa Abenk itu menyebutkan, dari kedua jalur mudik tersebut ditemukan sebanyak 422 lubang yang terdiri dari 267 di jalur alternatif, dan 155 di jalur wisata.

Dia pun mengaku bakal berupaya semaksimal mungkin melakukan perbaikan jalur guna memberikan rasa nyaman saat dilalui oleh pemudik nanti.

”Jadi saat digunakan mudik nanti sudah dalam kondisi baik, mulus atau tidak ada lubang. Kemudian ruas jalan ke beberapa objek wisata juga kita persiapkan harus sudah dalam kondisi baik,” bebernya.

Selain berupaya melakukan perbaikan jalan, Abenk mengatakan pihaknya juga akan menyiapkan sebanyak 83 posko yang nantinya ditempatkan di beberapa ruas jalur mudik.

Bahkan 43 lainnya, akan disimpan alat berat untuk mengevakuasi jika terjadi longsor.

”Jadi insyaallah kami sudah siap, karena di H-10 menuju lebaran itu kita harus sudah berhenti pekerjaan. Jadi pada saat ditinggalkan itu akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan,” pungkasnya. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan