Cegah Longsor dan Udara Sehat, Pemprov Kejar Target 100 Juta Penanaman Pohon

JABAR EKSPRES– Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengajak masyarakat untuk menggencarkan menanam pohon agar udara di Jabar kembali sejuk.

Hal itu diungkapkan Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri penghijauan dan penanaman bibit pohon di Yonif Para Raider Kujang I Kostrad Jalan Raya Bandung – Garut KM 35, Nagreg, Kabupaten Bandung.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Para Raider 330/TD Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto, dan Perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Uu menjelaskan, penanaman bibit pohon ini sebagai bentuk dukungan dan kecintaan serta peduli terhadap lingkungan.
Menurut orang nomor dua di Jabar ini, pohon tidak bisa langsung dinikmati hari ini. Namun setahun atau dua tahun setelah pohon tumbuh.

“Setelah pohon besar, pohon itu bisa langsung mengeluarkan udara yang bersih, dan menahan air, sehingga tidak terjadi longsor, dan tidak terjadi kekeringan. Soalnya akarnya kan menyerap air,” ujar Uu saat ditemui, Sabtu (18/3).

Uu menjelaskan, pohon merupakan salah satu manfaat yang besar untuk masyarakat. Dirinya pun meminta agar semua masyarakat baik itu pelajar dan dosen untuk selalu peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan sebanyak-banyaknya menanam pohon.

“Makanya terus digalakan gerakan menanam pohon, jangan hanya sekarang. Tapi seluruh lapisan masyarakat, dan jangan berakhir. Termasuk dinas terkait, instansi terkait, kalau boleh saya mengimbau ada gerakan penanaman pohon kapanpun dan dimanapun,” jelasnya.

Uu pun meminta kepada mereka yang suka menebang pohon agar segera dihentikan. Karena kata Uu, penebangan pohon ini membuat Jawa Barat semakin panas dan menambah polusi.

“Sekarang jawa barat semakin panas, kabupaten kota lain semakin panas, dan juga polusi. Mungkin itu karena ulah para penebang pohon sembarangan. Nah dengan adanya penanaman pohon bisa mengurangi itu,” kata Uu.

Menurut Uu, Pemprov Jabar menggulirkan program 100 juta penanaman pohon agar Jawa Barat kembali sejuk.

“Apalagi program Pemprov Jabar sekarang adalah 100 juta pohon. Awalnya 50 juta, tiga tahun kemudian terpenuhi 75 juta, kemudian terpenuhi lagi, sekarang targetnya 100 juta pohon. Artinya kegiatan kali ini adalah mengakselerasi visi misi jawa barat dalam rangka 100 juta pohon di jawa barat,” tandasnya. (mg7)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan