Mudik Lebaran Diprediksi Melonjak, 78 Ribu Tiket Kereta Api Terjual

BANDUNG – Mudik lebaran tahun 2023 diprediksi melonjak. PT KAI Daop 2 Bandung mencatat, pemesanan tiket kereta api sudah banyak dipesan oleh para calon penumpang.

Humas KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono menyebutkan, sampai Jumat (17/3), sebanyak 78 ribu tiket dipesan oleh calon penumpang dari berbagai daerah di Kota Bandung.

’’Untuk mudik lebaran itu sejak tanggal 26 Februari 2023 kemarin itu sudah terjual sekitar 78 ribu tiket dari total sekitar 277 ribu tiket yang kami sediakan,’’ ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (17/4).

Mahendro menjelaskan, animo penumpang untuk mudik tahun ini dinilai cukup besar. Untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan saat menggunakan kereta api, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya seperti pengecekan kereta dan stasiun.

’’Sampai bulan Maret ini kami sudah melakukan berbagai persiapan mulai dari ramcek (pengecekan) fasilitas penumpang baik di atas kereta maupun stasiun. Kedua, dari direksi kami khususnya manajemen daop 2 itu sudah melaksanakan inspeksi  lintas. Jadi kami mengecek mulai dari kesiapan petugas, prasarana, hingga jalurnya,” ujarnya.

Meski telah dilakukan pengecekan, ia mengaku sampai saat ini persiapan angkutan lebaran masih belum berada di kondisi 100 persen.

“Ini masih ada beberapa temuan di lapangan, tapi ini akan terus kami maksimalkan sampai betul-betul semua tuntas. Jadi sampai nanti H- 10 (lebaran), itu akan kami lakukan penyempurnaan-penyempurnaan,” ungkapnya.

Sementara, agar terfasilitasinya penumpang saat menggunakan kereta api khusus di Daop 2, Mahendro menjelaskan, pihaknya sudah melakukan penambahan dua unit kereta api.

“Itu mulai dari kereta api Pasundan yang jalurnya dari Kiaracondong (Bandung) ke Surabaya (Jatim). Ciremai pagi itu dari Bandung ke Semarang (Jateng),” ujarnya.

Dia mengimbau kepada para calon penumpang untuk tidak panik dan takut kehabisan tiket saat mudik lebaran nanti.

“Kami menyediakan cukup banyak tiket kereta api untuk angkutan lebaran nanti, dan sampai saat ini masih ada 199 ribu tiket yang tersedia. Jadi kami imbau kepada calon penumpang, untuk tidak panik kehabisan tiket,” pungkasnya.

Diketahui, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, bahwa hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H) diprediksi mencapai 123,8 juta orang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan