Nani Wijaya Meninggal Dunia di Usia 78 Tahun, Berikut Perjalanan Karir dan Semua Filmnya

JABAR EKSPRES – Nani Wijaya meninggal dunia pada dini hari Kamis, tanggal 16 Maret 2023 di usia 78 tahun. Kabar duka aktris senior tersebut terkonfirmasi oleh anak kandung Nani Wijaya, Cahya Kamila melalui akun Instagramnya.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun, telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya. Di RS Fatmawai 16 Maret 2023 pada pukul 3.28. Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja,” tulis Cahya dalam akun Instagramnya.

Kabar duka ini mengundang berbagai respons di kolom komentar dengan banyak selebriti yang turut memberikan ungkapan belasungkawa.

Sebagai seorang artis senior, Nani Wijaya telah menjadi salah satu tokoh penting di dunia hiburan Indonesia sejak tahun 1960-an. Ia mencapai puncak popularitasnya setelah membintangi film “Yang Muda yang Bercinta” pada tahun 1977 dan selama karirnya, ia telah membintangi ratusan film layar lebar.

Lahir di Cirebon pada tanggal 10 November 1944, Nani Wijaya memulai karir aktingnya pada usia 16 tahun pada tahun 1960, ketika ia memainkan peran pembantu dalam film “Darah Tinggi”. Berita meninggalnya Nani telah menimbulkan banyak duka cita dan kesedihan di kalangan para selebriti dan penggemarnya.

Setelah itu, Nani Wijaya terus membintangi berbagai film meskipun belum menjadi pemeran utama, seperti “Si Doel Anak Betawi”, “Gara-Gara Janda Kaya”, “Roda-roda Gila”, “R.A. Kartini”, “Catatan si Boy IV”, dan lain-lain.

Kemudian, pada tahun 1978, Nani Wijaya dianugerahi penghargaan Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia atas penampilannya dalam film “Yang Muda Yang Bercinta” saat usianya 34 tahun.

Masa kejayaan Nani berlangsung dari tahun 1960 hingga 1980 di dunia perfilman Indonesia, di mana hampir setiap tahun ia membintangi film baru. Bahkan pada tahun 2005, ia menerima penghargaan Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung untuk perannya dalam “Bajaj Bajuri”.

Selain membintangi film-film layar lebar di era milenial seperti “Maling Kutang” (2009), “Ummi Aminah” (2012), dan “Mama Cake” (2012), Nani Wijaya juga terkenal karena bakat aktingnya yang membuatnya masuk nominasi Aktris Pemeran Utama Piala Maya 2012 atas penampilannya dalam film “Ummi Aminah”.

Selain berkarir di dunia perfilman, Nani juga terlibat dalam beberapa sinetron dan sitkom di Indonesia. Hingga tahun 2017, ia sudah membintangi puluhan sinetron dan sitkom seperti “Wah, Cantiknya” seri 1 dan 2, “Cintaku di Rumah Susun” seri 1 dan 2, “Si Cecep”, “Cinta SMU”, “Bajaj Bajuri”, dan “Tukang Bubur Naik Haji”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan