Tips Agar Keuangan Aman Saat Ramadhan

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari lagi. Tentunya momen ini bakal menjadi momen yang special. Akan tetapi, momen ini juga harus dipersiapkan matang-matang, terkhususnya sisi keuangan agar tidak bocor dari bulan yang sebelumnya.

Kebanyakan orang memang bakal merasa berhemat ketika bulan Ramadhan datang karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk sarapan dan makan siang. Namun, sering kali kejadian yang tak terduga seperti membeli takjil yang berlebihan, makanan untuk buka puasa yang tak masuk akal bakal membuat pengeluaran membengkak. Ditambah mayoritas harga bahan pangan naik selama Ramadhan.

Baca juga: Chelsea Mengadakan Open Iftar Di Stamford Bridge

Agar keuanganmu tidak membengkak selama bulan Ramadhan, berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar keuangan kamu tetap aman.

  1. Membuat Rencana Keuangan

Kamu perlu membuat daftar pengeluaran yang bakal terjadi di saat Ramadhan seperti sahur, berbuka, takjil, buka bareng teman-teman atau korporet, dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan anggaran zakat fitrah dan sedekah. Selain itu, kamu harus memperhatikan mana yang menjadi prioritas dan mana yang bukan. Demikian juga jika keuanganmu sedang mepet, kamu bisa mempertimbangkan mana yang harus didahulukan.

  1. Mencatat Pengeluaran Harian

Setelah membuat rencana keuangan, kamu harus rajin mencatat pengeluaran harian secara konsisten. Hal ini berguna agar kamu tahu kemana saja uang yang kamu keluarkan.

Ketika kamu tidak mencatat pengeluaran harian, kamu bakal berpotensi untuk lebih boros karena lupa telah mengeluarkan berapa rupiah untuk per harinya.

  1. Menahan Keinginan Untuk Belanja

Hampir setiap orang ingin membeli barang baru, baik itu pakaian, sepatu, aksesoris dan lainnya untuk lebaran dan makanan yang beraneka ragam di rumah. Tetapi, kamu harus ingat juga tentang rencana keuangan dan prioritas yang telah kamu buat sebelumnya.

Andai ada sisa dari keuangan yang telah kamu prioritaskan dan tujuan keuangan telah terpenuhi, Boleh-boleh saja kamu membeli barang baru yang kamu inginkan dan beragam makan untuk lebaran. Perlu diingat agar kamu tidak membelanjakan uang untuk kebutuhan yang bukan prioritas hanya karena nafsu sesaat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan