Kesehatan Calon Jemaah Haji Asal Jabar Segera Diperiksa!

Jabar Ekspres – Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat (Kemenag Jabar) berkolaboraasi dengan Dinas Kesehatan Jabar siap memberikan pelayanan kesehatan di antaranya pemberian vaksinasi meningitis kepada seluruh calon jemaah haji tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar, Boy Hari Novian menjelaskan, pemberian kesehatan tersebut dinilai sangat diperlukan bagi para calon jemaah haji khususnya Jabar.

“Jadi nanti bersama Dinkes itu ada beberapa tahapan mulai dari pemeriksaan kesehatan pertama, terus uji medical chek up dan yang terakhir pemeriksaan nanti di asrama haji,” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (11/3).

Boy mengungkapkan, saat ini sudah ada beberapa daerah yang mulai memberikan pelayanan kesehatan termasuk vaksin meningitis bagi para calon jemaah haji.

“Kalau vaksin meningitis itu saat ini sudah ada beberapa daerah yang mulai melaksanakannya. Cuman untuk jemaah yang tertunda (keberangkatannya) pada tahun 2020. Jadi mereka sudah aman, tidak harus disuntik lagi,” katanya.

Sementara, untuk jumlah ketersediaan dari vaksin meningitis sendiri, kata dia, Dinkes sudah menyiapkan cukup banyak.

“Vaksin sudah berjalan dan laporan dari Dinkes juga mereka sudah melakukan itu. Vaksin ini istilahnya istitoah, apakah jemaah ini bisa berangkat atau enggak dan itu ditentukan dari hasil pemeriksaan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, Kemenag sudah mempersiapkan pemberangkatan haji tahun 2023 di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

“Insyaallah nanti jemaah dapat diberangkatkan dari asrama Indramayu. Jadi persiapan sudah sekitar 80 persenan tinggal finishing. Karena kan semua fasilitas sudah ada tinggal melengkapi saja,” ujarnya.

Dalam proses penyempurnaan itu, kata Boy, telah melakukan mulai dari perbaikan jalan menuju asrama hingga bandara dan juga penyedia penerangan jalan umum (PJU).

“Karena BIJB itu sudah setuju, asrama Indramayu juga sedang berbenah untuk jemaah mulai dari jalanan, penerangan lampu itu sedang disiapkan, dan juga kamar-kamar untuk jemaah. Jadi sambil kita melihat kekurangannya kita juga siapkan,” ungkapnya.

Selain itu, ujar dia, jemaah haji asal Jabar pada tanggal 23 Mei 2023 nanti dijadwalkan sudah harus masuk ke dalam asrama untuk proses pemberangkatan ke tanah suci.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan