Dishub Kota Bandung Perbaiki Zebra Cross Jalan Kalimantan

BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung sedang memperbaiki zebra cross di Jalan Kalimantan, Rabu 8 Maret 2023.

Tepatnya di simpang empat Jalan Kalimantan – Jalan Belitung. Mulanya, marka jalan itu di lokasi itu kondisinya kusam dan banyak yang mengelupas.

Petugas Dishub kemudian mengecat ulang zebra cross. Sehingga kini nampak baru lagi. “Ini bagian kegiatan pemeliharaan rutin kami,” terang Cipto Aji, petugas Dishub Kota Bandung saat ditemui di lokasi.

Cipto menambahkan, total ada 16 petugas yang tergabung dalam tim pemeliharaan. Targetnya dalam sehari minimal satu titik pemeliharaan di Kota Bandung. “Biasanya laporan masuk dari aduan masyarakat, atau dari monitoring petugas juga. Kami perbaiki minimal satu titik sehari,” tuturnya.

Petugas yang tergabung dalam tim pemeliharaan itu tentu akan keliling setiap hari. Menjangkau lokasi yang membutuhkan pemeliharaan marka atau zebra cross.

Pemeliharaan itu dilakukan agar mengoptimalkan fungsi dari marka jalan maupun zebra cross. Tidak sedikit marka jalan rusak karena sering dilalui kendaraan. Karena itu butuh kegiatan pemeliharaan secara berkala.

Selain pemeliharaan rutin, Dishub juga bergerak membuat marka baru itu. Biasanya dilakukan pada jalan – jalan yang baru diperbaiki.

Zebra cross sendiri berfungsi sebagai area penyebrangan bagi pejalan kaki. Dengan adanya zebra cross akan memberi tanda kepada para pengendara yang melintas agar lebih hati – hati. Sehingga para pejalan kaki yang akan menyebrang bisa lebih terjaga keselamatannya.

Sedangkan marka jalan memiliki fungsi untuk mengatur lalu lintas dan menuntun pengguna jalan ketika berlalu lintas. Contohnya adalah garis putus putus di jalan raya. Garis itu memberi tanda bagi pengendara untuk diperbolehkan pindah jalur atau mendahului. (mg4)

Tinggalkan Balasan