Pemerintah Berikan Bansos Ramadhan 2023, Catat Waktunya!

JABAR EKSPRES — Pemerintah berikan bantuan sosial (bansos) selama Ramadhan pada bulan Maret, April, dan mei 2023. Pemerintah akan menurunkan bansos berupa bahan pangan yang terdiri dari beras, telur, dan ayam.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memaparkan bansos bertujuan untuk menekan inflasi pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H.

BACA JUGA : Rp3,8 Juta Langsung Cair Pinjol Saldo DANA, Tanpa KTP

“Pemerintah sudah memberikan keputusan untuk memberikan bansos untuk ramadhan berupa beras, telur, dan ayam selama 3 bulan, antara lain Maret, April, dan Mei,” ujarnya pada Minggu (5/3).

Saat ini, pihaknya sedang menyusun regulasi mengenai penentuan kelompok masyarakat yang akan menerima bansos agar tepat sasaran.

Selanjutnya, pemerintah berencana memberikan bansos berupa bahan pangan ini kepada penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Pada bulan ini akan ada survei yang berkaitan dengan kemiskinan. Kami berharap hal ini bisa menahan inflasi dan kemiskinan tidak meningkat,” pungkasnya.

BACA JUGA : Rp2,4 Juta Saldo DANA Gratis Langsung Cair, Cocok untuk Introvert dan Mageran

Bantuan Sosial

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 sebagaimana telah mengalami perubahan dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 mengenai pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah (selanjutnya disingkat Permendagri No.13 Tahun 2006 sebagaimana telah diubah dengan Permendagri Nomor 59 Tahun 2007) dinyatakan bahwa bantuan sosial digunakan untukmenganggarkan pemberian bantuan yang bersifat sosial kemasyarakatan dalam bentuk uang/barangkepada kelompok/anggota masyarakat dan partai politik yang diberikan secara selektif, tidak mengikat, jelas peruntukannya, dengan mempertimbangkan kemampuan daerah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan