Keutamaan Malam Nisfu Syaban, Jangan Lewatkan Lakukan 10 Amalan Baik Ini

JABAR EKSPRES – Malam Nisfu Syaban yang mulai jatuh hari ini Selasa, 7 Maret hingga 8 Maret 2023 semakin dekat. Datangnya Nisfu Syaban menjadi momen penting bagi seluruh umat muslim.

Bukan tanpa sebab, karena malam Nisfu Syaban memiliki keutamaan mendalam yang diyakini bahwa seluruh doa-doa yang dipanjatkan oleh setiap hamba akan dikabulkan dan dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT.

Seperti yang diketahui, bulan Syaban menjadi salah satu bulan yang mulia. Pasalnya berada diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. `

Menyambut malam Nisfu Syaban, terdapat amalan baik yang bisa dilakukan. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadis berikut ini:

“Apabila tiba malam Nisfu Sya’ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya” (HR Al-Baihaqi dalam Syu’ab Al-Iman) seperti yang dilansir dari laman Kompas.tv.

Baca Juga: Jangan Terlewat! Program Mudik Gratis 2023 Resmi Dibuka, Buruan Daftar

Amalan Baik di Malam Nisfu Syaban

Adapun sepuluh amalan baik yang dapat dikerjakan pada malam Nisfu Syaban, yakni diantaranya:

Baca Doa Nisfu Syaban

Amalan pertama yang bisa dilakukan adalah membaca doa Nisfu Syaban kepada Allah SWT untuk memohon ampun dan mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan.

Baca Surat Yasin

Amalan lainnya yang bisa dilakukan saat malam Nisfu Syaban adalah membaca surat Yasin. Karena surat Yasin dikenal sebagai surat yang memberikan banyak berkah bagi pembacanya.

Baca Surat Al-Mulk

Membaca surat Al-Mulk pada malam Nisfu Syaban juga menjadi amalan baik. Karena surat Al-Mulk dapat memberikan manfaat bagi orang yang membacanya.

Berzikir

Amalan baik selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berdzikir dengan banyak mengingat Allah SWT dan memperkuat iman sebagai muslim.

Berdoa dan Beristighfar

Malam Nisfu Syaban menjadi momen yang tepat bagi setiap umat muslim untuk memanjatkan banyak doa kepada Allah SWT agar memberikan keberkahan hidup serta banyak beristigfar untuk memohon ampunan agar diampuni dosa-dosanya.

Menghadiri Kajian Islam

Menghadiri kajian Islam di malam Nisfu Syaban menjadi amalan baik yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Karena bisa menambah keilmuan yang lebih baik tentang Islam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan