Cara Daftar Bansos BPNT Kartu Sembako, Cair di Kantor Pos

JABAR EKSPRES – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mencairkan Bansos BPNT kartu sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Di tahun ini proses penyaluran bansos BPNT 2023 tidak lagi menggunakan e-warong, uang bantuan akan disalurkan melalui kantor pos, serta melalui Bank Himbara secara tunai.

“Penyaluran BPNT itu kita sepakati dalam bentuk uang kita tidak menggunakan e-warong lagi,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Hal tersebut meninjau dari Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2017 bahwa bantuan sosial diperbolehkan penarikan tunai atau barang.

BACA JUGA: Cuan Gede Nih Bos! Klaim Saldo DANA Gratis dari Login Aplikasi

Selain itu, Kemensos juga berpedoman pada Surat Rekomendasi dari Komisi VIII DPR RI, karena banyaknya penyimpangan-penyimpangan saat penyaluran BPNT kartu sembako.

Apabila KPM penerima bansos BPNT tidak segera mencairkan uangnya di Bank Himbara, maka pihak Kemensos akan menjadwalkan pencairan melalui kantor Pos terdekat.

“Maka sampai berapa hari mereka tidak mengambil, maka itu penyalurannya dilewatkan melalui PT Pos. jadi, kami sudah menyepakati itu, semula di bank, kalau tidak diambil dalam beberapa waktu, maka penyalurannya akan ke PT Pos,” ucapnya.

Berdasarkan informasi pencairan bansos BPNT kartu sembako tahun sebelumnya, berikut ini cara daftar bansos tahun ini.

BACA JUGA: LINK DANA Kaget Spesial Malam Minggu, Langsung Klaim di Sini!

Simak cara daftar DTKS Kemensos tahun ini agar mendapatkan bansos 2023 dari Kementerian Sosial.

-Siapkan HP Anda untuk daftar DTKS Kemensos secara online.

-Unduh aplikasi Cek Bansos di Playstore HP Anda.

-Registrasi DTKS Kemensos dengan memasukkan NIK KTP dan KK.

-Pilih menu daftar usulan untuk daftar DTKS Kemensos .

BACA JUGA: Saldo DANA gratis Langsung Cair, Dompet Tebal Berkah DANA Kaget

-Pilih “tambah usulan”.

-Lalu sistem akan mencocokkan nama, NIK, KK, status kesesuaian Dukcapil dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos .

-Selanjutnya, Anda bisa pilih jenis bansos 2023 sesuai kebutuhan, Anda bisa pilih bansos PKH atau BPNT.

-Apabila data Anda berhasil diusulkan, maka akan muncul nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul KK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan