Daftar Koin Indonesia yang Mengandung Emas, Apa Ada Koin 1000 Kelapa Sawit?

JABAR EKSPRES- Koin 1000 Kelapa Sawit mejadi perbincangan di forum jual beli online. Banyak yang menawarkan koin 1000 Kelapa Sawit ini dengan harga yang bervariasi.

Tak hanya di media sosial, di e-commerce pun banyak sekali orang yang menawarkan uang koin 1000 Kelapa Sawit ini.

Nah, sebelum Anda membeli untuk barang koleksi yang mungkin akan bernilai di suatu hari nanti, ternyata ada loh, koin dari Indonesia yang terdapat kandungan emasnya.

Apakah koin 1000 kelapa sawit ini termasuk koin yang mengandung emas? Untuk mengetahuinya simak saja artikelnya sampai akhir.

Uang kuno yang mengandung emas sangat dicari oleh kolektor karena langka dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika dijual.

Oleh karena itu, banyak orang menganggapnya sebagai investasi. Beberapa uang kuno dengan kandungan emas yang paling dicari oleh kolektor dan cocok untuk investasi adalah sebagai berikut:

 

Uang Koin Rupiah Emas Rp850 Ribu

Uang koin ini memiliki nominal tertinggi dan dihasilkan untuk memperingati kemerdekaan RI ke-50. Koin emas ini terbuat dari bahan emas 23 karat dengan berat 50 gram, diameter 35 mm, dan ketebalan 2,78 mm.

Uang ini memiliki gambar presiden kedua RI Soeharto di sisi belakang dan lambang negara Garuda Pancasila di sisi depan.

 

Uang Koin Rupiah Emas Rp500 Ribu

Diterbitkan pada 2001, koin emas ini diberi nama uang khusus 100 Tahun Pemimpin RI. Koin ini terbuat dari logam emas dengan kadar 0,999, berat 15 gram, dan garis tengah 28,00 mm.

Uang koin ini menampilkan gambar Bung Karno di sisi belakang dan desain Garuda Pancasila di sisi depan, bersama dengan tulisan “BANK INDONESIA” dan tahun penerbitan.

 

Uang Koin Rupiah Emas Rp300 Ribu

Salah satu dari dua uang khusus emisi 1995 yang ditarik oleh Bank Indonesia pada tanggal 30 Agustus 2022.

Uang koin ini terbuat dari bahan logam emas 23 karat dengan berat 17 gram, diameter 25 mm, dan ketebalan 1,85 mm.

Uang ini menampilkan lambang negara Garuda Pancasila di sisi depan dan gambar Temu Wicara Bapak Soeharto di sisi belakang, bersama dengan logo DHN – 45, teks “50 Tahun RI”, dan teks nominal “300000 RUPIAH”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan