Konsumsi Listrik Warga Cimahi dan KBB Menunjukan Tren Positif

Jabarekspres.com – Selama 2022, kinerja konsumsi listrik masyarakat di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) menunjukkan peningkatan.

Tercatat kWh jual energi listrik di seluruh unit layanan di PLN UP3 Cimahi mengalami peningkatan secara kumulatif sebesar 4,37 persen secara year on year.

Pada periode perbandingan antara Desember 2022 dengan Desember 2021 atau apabila dikonversi pada nilai kWh tumbuh sebesar 113.240.151 kWh. Meningkat dibandingkan periode kumulatif ditahun 2021.

Data tersebut berdasarkan pantauan data pemakaian yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cimahi.

Assistant Manager Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PLN UP3 Cimahi, Taufan Prihayandi mengatakan, jika ditelisik lebih jauh, dari 7 unit layanan yang dibawahi oleh PLN UP3 Cimahi, peningkatan kWh jual tertinggi dibukukan oleh PLN ULP Prima Cibabat, yang secara khusus melayani pelanggan bisnis dan industri besar dengan daya diatas 200 kVA.

”Hal ini menunjukan bahwa peningkatan konsumsi listrik di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat masih ditunjang oleh pergerakan konsumsi segmen pelanggan industri maupun bisnis yang beroperasi di wilayah tersebut,” kata Taufan melalui siaran tertulisnya, Selasa (28/2).

Menurutnya, saat ini PLN terus mengintensifkan penggunaan energi listrik di segmen rumah tangga.

”Kita semakin giat mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan penggunaaan energi listrik mulai dari memasak, hingga kendaraan listrik,” ujarnya.

Dia mengatakan, pertumbuhan konsumsi listrik di segmen rumah tangga memang tidak merata di semua segmen.

Pertumbuhan yang lebih tinggi terdapat di segmen rumah tangga dengan daya diatas 2200 VA. Secara rupiah pendapatan, PLN UP3 Cimahi berhasil membukukan pertumbuhan sebesar 8,34 persen dibandingkan tahun 2021.

Pertumbuhan rupiah pendapatan ini ditopang secara positif oleh dua unit layanan di kawasan Kabupaten Bandung Barat yaitu di Cililin dan juga Padalarang.

”Kami melihat memang arah pengembangan dan peningkatan konsumsi listrik berada di dua wilayah tersebut. Kami terus kawal pembangunan dan persiapan infrastruktur untuk menjamin hal tersebut,” terangnya.

Sampai bulan Desember 2022 jumlah pelanggan PLN UP3 Cimahi sendiri berjumlah 795.221 pelanggan dengan 94 persen di antaranya merupakan pelanggan rumah tangga. (bbs/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan